Sukses

6 Hal yang Dapat Dipelajari dari Hubungan Percintaan yang Kandas

Meski pahit, tahukah Anda bahwa hubungan percintaan yang gagal dapat memberi pelajaran bagi diri Anda.

Citizen6, Jakarta - Hubungan percintaan tidak selamanya mulus. Kegagalan atau kandas di tengah jalan adalah hal yang bisa terjadi pada siapa saja. Kesedihan mungkin membuatmu jatuh. Namun, di balik itu semua, kamu harus menyadari bahwa kegagalan hubungan percintaan akan memberikan kamu pelajaran akan hal yang baru. Misalnya saja, enam hal berikut yang dapat dipelajari dari hubungan percintaan yang kandas.

1. Tidak mencoba mengubah pasangan

Terkadang tanpa disadari, saat seseorang memiliki pasangan, ia akan berusaha untuk mengubah pasangannya. Koreksi hubunganmu dengannya. Apakah salah satu dari kalian mencoba mengubah yang lain? Bila iya, belajarlah dari hal tersebut. Kamu tak bisa memaksa seseorang untuk berubah bila ia sendiri tidak memiliki keinginan akan hal itu. Yang lebih penting, beberapa orang ingin pasangannya berubah seperti apa di dalam kepalanya. Tidak lagi menerima pasangan apa adanya.

2. Tiap orang butuh waktu untuk sendiri

Banyak yang mengira memiliki pasangan berarti bersama dengan dirinya hampir selama 24 jam dalam sehari. Hal itu tentu saja tidak benar. Realistislah. Tiap orang butuh ruang untuk melakukan hal yang ia sukai, untuk menyelesaikan pekerjaannya tanpa gangguan pasangan.

Selain itu, bisa saja saat hubungan asmaramu (lagi-lagi) gagal, bisa jadi itu pertanda kalau kamu sebenarnya membutuhkan waktu menyendiri. Sekadar memikirkan ulang apa saja yang telah kamu lalui selama ini, maupun pencapaian-pencapaian yang telah kamu lakukan. Atau mungkin, saat sendiri adalah waktu bagimu untuk melakukan bucket list-mu.

3. Dia mungkin bukan untukmu

Saat hubunganmu dengannya kandas, hal yang mudah dipikirkan adalah bahwa dia sesungguhnya bukan untukmu. Sebab, seburuk apapun seseorang, bila dia memang mencintaimu sepenuh hati maka ia akan berusaha untuk menerjang segala rintangan yang tampak di hadapan kalian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa yang kalian rasakan mungkin bukan cinta melainkan nafsu

4. Apa yang kalian rasakan mungkin bukan cinta melainkan nafsu

Berbeda dengan cinta, nafsu memiliki periode. Saat kamu berada di periode tersebut, kamu seperti sedang berada di atas awan. Kamu akan mencoba melakukan apapun untuk menyenangkan dirinya. Akan tetapi, saat kesenangan itu berakhir, maka rasa itu pun hilang. Berbeda dengan cinta. cinta tumbuh ketika kamu tidak memiliki rasa takut kehilangan dan menerima kekurangan serta kelebihan orang tersebut.

5. Belajar melepaskan sesuatu

Percintaan adalah pembelajaran untuk pengembangan pribadi. Antara hubungan asmara yang berjalan sukses dengan yang gagal, keduanya membantumu untuk berkembang dan menjadi pribadi yang lebih dewasa. Ada kalanya, kamu harus melepaskan sesuatu yang kamu sayangi demi kebaikan kalian berdua. Saat itulah, kamu akan belajar artinya keikhlasan dan merelakan.

6. Belajar mengatasi konflik batin

Ada kalanya, hubungan asmara membawa mimpi buruk bagi kamu. Pahit yang terasa mungkin jadi pertanda bagimu untuk belajar mengatasi kendala yang kamu temui selama menjalani hubungan percintaan. Namun demikian, setelah luka batin itu sembuh, jangan pernah takut untuk kembali memulai dan mencoba jatuh cinta lagi. Ketika kamu telah belajar mengatasi konflik batin, kamu akan lebih bijak dalam mengambil keputusan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini