Sukses

Ilusi Optik: Tebak Apa Warna Hati Ini

Dari ilusi optik tersebut, coba tebak apa warna hati tersebut sebenarnya?

Citizen6, Jakarta - Sebuah ilusi optik yang cukup membingungkan menunjukkan kita, betapa sedikitnya pengetahuan kita bagaimana otak bekerja. Di gambar tersebut tampak dua jenis hati dengan warna yang berbeda: yang satu ungu dan yang lainnya berwarna jingga cerah.

Namun, tahukah Anda, ternyata kedua hati tersebut warnanya sama yaitu merah muda. Perbedaan warna yang kita lihat terjadi karena garis-garis vertikal yang melewati hati dan membuat otak melihat sesuatu yang tidak benar-benar ada.

Berdasarkan video yang diunggah Bite Sze Psych di Youtube, berikut penjelasan secara ilmiah perbedaan warna hati yang terlihat oleh mata kita.

- 

"Jika Anda memperbesar gambar tersebut, Anda akan menemukan bahwa garis vertikal itu warnanya tidak sama. Garis berwarna biru membuat hati tampak berwarna ungu sementara garis berwarna hijau membuat hati tampak berwarna jingga cerah."

Percobaan tersebut memberi petunjuk bagaimana penglihatan kita bekerja. Ternyata, penglihatan kita melihat warna suatu obyek berdasarkan kedekatan dan kontras dengan nuansa sekitarnya.

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.