Rasa Penasaran: Paris & Rio De Janeiro

Oleh Yulia Lisnawati pada 13 Apr 2016, 14:05 WIB
Diperbarui 13 Apr 2016, 14:05 WIB
Rasa Penasaran: Paris & Rio De Janeiro
Perbesar
Pengalaman seru travelling nekat ke Paris selama mengambil cuti kerja.

Citizen6, Paris - Pagi ini daku sedang buka akun Instagram pribadi daku bernama @aboutrizal, eh kok #obral! Dan daku tetiba jadi senyum-senyum sendiri lihat foto-foto lama, terutama beberapa pengalaman travelling yang cukup bernyali menurut daku. Yang kalau dipikir-pikir sekarang, kok dulu agak-agak nekat yah? Hihihi. Maklum kak, daku anaknya gampangan, gampang penasaran maksudnya. #yakaleee. Nah kak, dua real story ini berawal dari rasa penasaran (curious) daku yang agak-agak berlebihan dosisnya. #eaaaaa.

Paris, Desember 2012

Berhubung masih punya sisa sedikit cuti dan kudu diabisin sebelum akhir tahun. Daku pun memutuskan last minute terbang ke Paris sendirian. Daku tuh kadang sangat well planned traveller tapi seringnya sih dadakan gitu kak, agak agak spontaneous. Nah, kejadian kali ini juga dadakan.com begitu, pesan tiket seminggu sebelumnya, cukup 5 hari dengan tanpa rencana banyak, yang penting nyampe. Sampai sana kita lihat saja nanti. Siapa tau bisa kaya pelem-pelem romantis ala-ala itu kak. Bisa ketemu jodoh di Eiffel Tower. #hayah! #ngigo #galawww.

Setelah dua hari muterin tempat-tempat turis, daku pun mulai bosan. Akhirnya daku pun mutusin buat naek kereta dan berhenti hampir di stasiun besarnya, lalu ngider-ngider cari makan dan explore local neighborhood sambil makan siang atau cukup nongkrong-nongkrong ganteng di café shop. #eh! hihihi.

Nah, berhubung daku anaknya agak-agak terlalu ramah, akhirnya setiap nongkrong daku pun punya temen-temen baru yang super random. Dari sepasang kakek nenek, sampai pasangan muda yang baru punya satu bayi. Walhasil, daku pun dapat undangan makan malam dan sarapan dengan keluarga mereka. Sempet mikir, kalo sampe kenapa-kenapa gimana ya? Apalagi ini di negara orang dan yang bisa Bahasa Inggris ngga banyak pulak.

Ah you know what? I believe if you treat other people nicely, you will get the same in return. Insya Allah! Akhirnya, daku pun dengan santainya gabung dengan dinner di keluarga yang satu dan ikut sarapan di keluarga yang lain. Amazing experience! Ketika menjadi tamu di rumah orang lokal dan melihat budaya asli French family. Rasa kekeluargaan mereka yang luar biasa, rasa ingin tahu mereka dengan latar belakang dan negara daku. Dan the way the treat me like an old friend yang sudah lama ga jumpa. Ahh, I was lucky! Sudah diajakin ke tempat-tempat seru yang hanya diketahui orang lokal, diajakin makan bersama keluarga mereka, dan pastinya mendapatkan teman teman baru. Short trip but very content!.


Rio De Janeiro

Rasa Penasaran untuk Jelajahi Paris dan Rio De Janeiro
Perbesar
Pengalam traveling nekat ke Paris selama mengambil cuti kerja.

Rio de Janeiro, April 2013

Petualangan seru ini dimulai ketika daku berada di Brazil untuk satu minggu, sebelum berangkat di kepala daku udah lengkap dong bayangan keindahan pesona alam dan makhluk-makhluk di dalamnya yang oke banget dan juga ketenaran banyak pemain-pemain bola-nya paket lengkap!.

Sampe Rio, memang benar apa kata channel-channel TV wisata itu! Kotanya cantik, terletak di antara gunung-gunung di tepi pantai yang maunya foto-foto terus ngga abis-abis. Ditambah makhluk-makhuk yang berseliweran pun ngga kalah tskeupp-tskeupp nya kak. Ya iyalah ya, Brazil punya Gisele Bundchen, yang katanya model super hits dunia saat ini, yang bisa dibilang wanita paling cantik sejagad raya.

Luar biasa emang kalau liat budaya olahraga mereka, dari pagi sampai malam dan setiap hari. Ah, penasaran daku! Setelah melalui proses interview beberapa wanita dan pria selama daku nongkrong-nongkrong tepi pantai, ternyata kalau punya badan bagus yang berotot itu hal yang wajib di sana, itu udah jadi mindset, exercise, exercise and exercise! Pantesan banyak atlit dari Brazil plus badan orang-orang ini bikin daku minder, hihihi.

Nah, di awal-awal trip daku, ada satu wilayah yang selalu bikin daku penasaran, daerah itu adanya di atas bukit dengan rumah-rumah kecil dan sangat padat. Akhirnya teman daku pun cerita, kalo itu namanya Favela, kawasan Slum di Kota Brazil, yang katanya tempat bandar-bandar transaksi obat-obatan dan senjata. Dan dijaga ketat oleh banyak polisi pastinya. Ohhhhh! Daku pun langsung inget beberapa film yang pernah angkat Favela termasuk James Bond.

Taaadaaaa.. Keluarlah jiwa nekad daku kali ini, daku pun minta buat naek ke atas bukit kalo bisa. Tentunya jawaban no way pun keluar dari mulut temen daku, ahh ditolak mentah-mentah, hihihi. Tapi kak, ga ada kata menyerah di kamus daku. Akhirnya dengan segala rayuan pulau kelapa pun, daku berhasil buat naik ke atas bukit dengan bantuan koneksi teman daku, tanpa bawa uang dan barang-barang yang berharga.

Jujur, daku deg-degan juga si! Tapi daku yakin selama kita respect dengan kultur mereka, tidak bertingkah dan niat baik untuk berkunjung dan melihat Favela dari dekat, daku yakin akan baik-baik aja. Akhirnya, naik ke atas bukit dengan kereta gantung dan daku pun masuk ke dalam rumah-rumah warga dan ngobrol sama beberapa orang di sana. What an amazing experience! Once in a life time experience!.

The world is filled with great things, so just be curious… It’s about mindset of looking at the world in a playful and creative way… Curiosity keeps leading us down new paths, dan kalau kata Kak Leonardo Da Vinci, Curiosity is the knowledge of all things is possible… horeee! 

(ul)

 

Pengirim:

Rizal Hamdallah

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya