Sukses

Sepekan STIKES CHMK Kupang Lakukan Pelayanan Medis di Banain

Program bakti sosial ini melibatkan seluruh mahasiswa semester 2 hingga semester 8.

Citizen6, Jakarta - Sebanyak 150 mahasiswa yang berasal dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Citra Husada Mandiri Kupang mengadakan kegiatan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan bagi warga masyarakat desa Banain, kecamatan Bikomi Utara, kabupaten Timor Tengah Utara, propinsi NTT.

Kegiatan pelayan kesehatan berupa anamneses serta berbagai pelayanan kesehatan seperti tensi darah, pembagian obat-obatan ini dipimpin langsung oleh pihak kampus dibawah asuhan 5 dosen pembimbing.

Kegiatan berlangsung selama sepekan penuh dan mahasiswa langsung menyatu dengan masyarakat setempat untuk ber-live in guna mengatahui secara langsung kondisi kesehatan masyarakat setempat.

Program bakti sosial ini melibatkan seluruh mahasiswa semester 2 hingga semester 8. Selain itu, lebih dalam lagi, kegiatan ini mau mempromosikan dan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat akan lembaga pendidikan kesehatan yang ada di jantung ibukota propinsi NTT ini yakni kota kupang.

Kehadiran salah satu lembaga pendidikan kesehatan di NTT ini merupakan salah satu bentuk kepedulian yayasan akan kondisi kesehatan di wilayah NTT dengan mengedepankan aspek kesehatan sebagai salah satu pendukung pembangunan pada wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara Republic Demokatik Timor Leste ini.

Program bakti sosial ini melibatkan seluruh mahasiswa semester 2 hingga semester 8.

Antusias warga Banain cukup banyak dengan hadirnya warga desa Banain yang datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari para mahasiswa serta tenaga medis lainnya. Pada umumnya didominasi oleh kaum ibu serta anak-anak yang memadati lokasi pelayanan kesehatan yang bertempat di gereja katolik Paroki Haumeni.

Selain gereja katolik, para mahasiswa juga melakukan pelayanan di gereja Kristen Haumeni. Para mahasiswa menyatu dan berbaur dengan masyarakat. Wilayah desa Banain ini secara geografis terletak berbatasan dengan distrik Oecussi Negara Timor Leste. Distrik Oecusi merupakan wilayah enclave atau wilayah yang diamati melalui peta merupakan berada didalam wilayah Indonesia namun merupakan wilayah Timoir Leste.

Penulis:

F. Pongky Seran/ Franky Rere

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini