Sukses

Terungkap, Pesan Misterius Bahasa yang Punah di Prasasti Kuno

Arkeolog di Tuscany menemukan pesan misterius dari bahasa yang punah di sebuah prasasti kuno

Citizen6, Tuscany - Para arkeolog di Tuscany, Italia utara, bersorak gembira! Mereka menemukan sebuah pesan misterius yang diyakini berasal dari bahasa yang telah punah, di sebuah batu/prasasti yang terpendam di dasar sebuah kuil kuno.

Pesan tersebut diklaim menggunakan bahasa Etruscan dari abad ke-6 SM. Dengan ditemukannya prasasti itu, peneliti berharap dapat menguak rahasia di balik punahnya kebudayaan lama itu.

Kebudayaan Etruscan pernah berjaya di masa 400 hingga 800 SM. Etruscan dipercaya meletakkan dasar-dasar dari beberapa kota yang paling berbudaya, seperti Florence, Pisa, dan bahkan Roma.

Selama ini, petunjuk terbesar tentang kebudayaan Etruscan berasal dari prasasti-prasasti yang ditemukan di sekitar desa. Mempelajari temuan tersebut memungkinkan peneliti untuk mempelajari dasar-dasar dari bahasa Etruscan.

Untuk alasan itulah, peneliti sangat gembira menemukan prasasti tersebut. Prasasti berbentuk lempengan batu itu tingginya hampir 1,2 meter dan lebar sekitar 0,6 meter. Pesan tersebut sepertinya panjang, akan tetapi karena erosi serta pelapukan selama ribuan tahun, kini hanya tinggal 70 huruf dan tanda baca yang terlihat.

"Kami berharap dapat membuat terobosan dalam bahasa Etruscan," ujar pemimpin proyek penggalian tersebut, Gregory Warden seperti dilansir dari iflscience, Kamis (31/03/2016).

"Prasasti sepanjang ini jarang ditemukan. Kami mengharapkan dapat menemukan kata-kata baru yang belum pernah kita lihat sebelumnya," tambah dia.

Warden juga berharap, mereka dapat menguak kepercayaan maupun dewa-dewi yang disembah oleh kebudayaan Etruscan. Dengan demikian, hasil penelitian itu nantinya akan menjelaskan sistem kepercayaan di jantung salah satu budaya leluhur yang paling mendasar di peradaban Barat.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.