Sukses

Gagal Jadi Pengacara, Wanita Ini Gugat Almamaternya

Alaburda memang bukan sarjana hukum pertama yang mencoba untuk menuntut sekolahnya sendiri.

Citizen6, Amerika Serikat - Meski telah lulus dari Thomas Jefferson School of Law, AS, pada tahun 2008, Anna Alaburda masih belum mampu menemukan pekerjaan sebagai pengacara. Perempuan berusia 37 tahun ini malah menyalahkan almamaternya untuk situasi yang tidak menguntungkan ini dan mengklaim bahwa sekolahnya telah memanipulasi statistik pekerjaan dalam upaya memikat siswa.

Alaburda memang bukan sarjana hukum pertama yang mencoba untuk menuntut sekolahnya sendiri. Beberapa lulusan lain yang mengambil sekolah hukum pun melakukan hal serupa. Dilansir odditycentral.com, Jumat (25/3/2016), mereka padahal berharap akan mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi dalam profesi hukum. Bahkan mereka telah mengajukan kasus terhadap sekolah mereka, namun tak ada satupun dari mereka yang pergi ke pengadilan.

dok: odditycentral.com

Namun, dalam kasus Alaburda yang pergi ke pengadilan pada 7 Maret 2016 di San Diego, Hakim Joel M Pressman memutuskan terhadap upaya sekolah untuk memo gugatan. Dia setuju bahwa menahan informasi yang transparan dan akurat dari siswa dapat merusak. Akhirnya Thomas Jefferson School of Law menolak klaim Alaburda dan menyatakan bahwa sekolah mereka menghasilkan lulusan yang sukses dengan 7 ribu alumni bekerja secara nasional dan internasional.

Tapi ada satu hal yang tak dapat disangkal pihak sekolah terkait penurunan drastis dalam tingkat pendaftaran di sekolah-sekolah hukum sejak tahun 2010. Paul Campos, seorang profesor hukum di University of Colorado yang mempelajari pasar kerja hukum pada tahun 2011, mengatakan bahwa hampir 45 persen dari 45 ribu siswa yang lulus setiap tahun tidak dapat menemukan pekerjaan di lapangan. Pada tahun itu juga ia menemukan bahwa sebagian besar sekolah hukum telah melaporkan tingkat lapangan kerja sekitar 80 persen atau lebih. Realitas yang menyedihkan, bahkan sebagian besar siswa saat ini terdaftar di sekolah hukum tidak akan pernah bekerja sebagai pengacara.

(ul)

 

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini