Sukses

Cara Membangun Mental Wirausaha Sejak Mahasiswa

Mendapatkan penghasilan selagi masih kuliah adalah impian setiap mahasiswa agar bisa mandiri dan tidak bergantung kepada orangtua

Campus Event- Mendapatkan penghasilan selagi masih kuliah adalah impian setiap mahasiswa agar bisa mandiri dan tidak bergantung kepada orangtua. Namun membangun bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan keberanian, ketekunan, modal, serta berbagai faktor lainnya untuk memulai usaha. Karena itu, mendapatkan guru atau mentor bisnis yang memiliki kemampuan menginspirasi dan membimbing prosesnya adalah salah satu hal tersulit.

Hal inilah yang kemudian menjadi tujuan dari sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh E-Corp salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada Sabtu, 19 Maret di Plaza Quantum FT UI. Seminar series yang bertajuk "Building Young Generation to be The Next Entrepreneur for Indonesia: How The Business Lives in The Student Life” berlangsung cukup meriah.

Acara dimulai pada pukul 09.00 pagi hari yang diresmikan oleh Irfan Fawzi TI UI ’13 selaku Ketua E-Corp. Sesi pertama langsung dibuka oleh Ibni Ikhsan TI UI ’13, selaku moderator. Pembicara pertama yaitu Pranata Yassi, CEO Gelden Straxen.

Pranata merupakan contoh asli wirausaha muda yang telah sukses berjuang dan membuahkan hasil yang patut diacungkan jempol. Ia mengutarakan teori proses bagaimana membangun sebuah bisnis dari awal hingga akhir yang dibumbui dengan cerita-cerita menarik tentang perjuangan dan pengalaman dirinya sendiri. Ia mengingatkan semua peserta agar tidak menyerah dalam kondisi apapun juga.

Foto Bersama Panitia E-Corp Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan Pembicara

Sesi kedua diisi oleh Sandiaga Salahuddin Uno B.A., M.B.A., CEO Saratoga Investama Sedaya. Sosok entrepreneur muda ini banyak dinantikan kehadirannya oleh peserta seminar. Melalui forum ini ia membagi kisah suksesnya dalam membangun bisnis termasuk memberikan pesan kepada mahasiswa bahwa kesuksesan itu tidaklah instan dan harus melewati banyak ujian dan kegagalan.

Selain itu, Banyak sekali wirausaha yang ia contohkan kepada peserta terutama yang memiliki bisnis berbasis teknologi. Ia memprediksi akan merajai dunia dalam 5 tahun ke depan, seperti Buka Lapak, Gojek, dan sebagainya.

Banyak pelajaran berharga dari para wirausaha muda sukses yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin terjun dalam dunia bisnis.  Sebagaimana diungkapkan Riovaldi Royaldi, selaku ketua panitia dari kegiatan ini, “Kami berharap agar acara ini dapat menjadi tools bagi kami semua mahasiswa untuk memulai menjadi entrepreneur."


Penulis:
Citra Benazir Adityawarman
Campus Citizen Journalist – Seton Hall University, New Jersey, USA
Instagram : @citrabenazir


Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6@gmail serta follow official instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.