Sukses

8 Tips Hindari Penyakit dari Toilet Umum

Jangan pula kamu samakan dengan toilet di rumah sendiri. Kebersihan dan perawatan toilet berbeda-beda.

Citizen6, Jakarta Kebersihan toilet berbeda-beda, baik di kantor maupun di tempat umum.  Jangan pula kamu samakan dengan toilet di rumah sendiri. Meskipun memiliki fungsi yang sama namun perawatan yang dilakukan berbeda.

Jika toilet rumah hanya penghuni rumah dan tamu saja yang menggunakannya, sedangkan toilet umum dipakai banyak orang. Kamu tak bisa menghitung berapa banyak orang yang sudah menggunakannya, baik buang air kecil maupun besar.

Rasa takut tertular penyakit akibat penggunaan toilet umum menjadi ketakutan yang wajar. Untuk itu, kamu perlu perhatikan beberapa hal agar tidak tertular penyakit.

  • Jangan taruh barang di lantai toilet

Lantai tempat yang kotor. Meskipun kamu berada di toilet pusat perbelanjaan umu yang bersih, sebaiknya hindari menaruh barang-barang bawaan di lantai toilet. Hal ini dikarenakan, barang-barang yang kamu bawa akan langsung tersentuh tangan yang bisa berakibat kuman masuk ke tubuh.

  • Selalu gunakan alas kaki ketika di toilet

Pakailah alas kaki setiap ke toilet. Lantai bersih dan beraura dingin memang memanjakan kaki. Namun, kamu tetap mengenakan alas kaki. Hindari mencoba untuk melepas alas kaki.

  • Tutup kloset ketika menekan tombol flush

Menutup kloset saat menekan tombol tampaknya jarang dilakukan. Tips yang benar, setelah kamu menggunakan kloset, tutup kloset lalu menekan tombol flush untuk membersihkan kloset. Kamu juga bisa meninggalkan kloset dalam keadaan kloset tertutup. Orang selanjutnya yang ingin menggunakan kloset dapat membuka kembali kloset.

  • Cuci tangan

Apakah kamu selalu mencuci tangan setelah buang air kecil atau besar di toilet? Bila kamu perhatikan, beberapa orang langsung keluar toilet tanpa mencuci tangan. Sebaiknya, setiap kali kamu menggunakan toilet, usahakan tetap mencuci tangan agar tangan menjai bersih.

Selengkapnya kamu bisa baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.