Sukses

10 Pangkalan Militer Amerika Serikat Paling Misterius

Ada tujuan tertentu Amerika Serikat memperlakukan pangkalan militer mereka begitu misterius

Citizen6, Jakarta - Amerika Serikat memilih lokasi yang cukup tersembunyi untuk dijadikan pangkalan militer. Tak jarang, pangkalan militer itu berada di sebuah pulau terpencil, sehingga hanya bisa terlacak di Google Maps.

Hingga kini, belum jelas kenapa AS memilih lokasi-lokasi misterius itu untuk dijadikan pangkalan militer. Yang jelas, siapa pun yang ditempatkan di sana, harus mempunyai kemampuan bertahan hidup yang luar biasa. Berikut 10 pangkalan militer AS yang tersembunyi.

1. Pulau Shemya

Shemya Island adalah pulau yang sangat kecil. Lokasinya berada di bagian pesisir selatan Alaska. Lebar pulau itu sekitar dua mil dan panjangnya empat mil. Suhu di pulau bisa mencapai 50 derajat Fahrenheit.

Dibangun pada masa perang dingin, lokasi ini digunakan sebagai pangkalan terluar untuk mengantisipasi satelit mencurigakan dari Uni Soviet. Sekarang, fungsinya berubah jadi pangkalan angkatan udara AS guna memantau radar dan cuaca. Sekaligus juga pusat pengisian bahan bakar.

2. Pangkalan Udara Andersen

Pusat pangkalan udara ini punya peran yang signifikan saat tahun 1970-an. Di lokasi tersebut, pernah terjadi berbagai serangan militer dari lawan Amerika Serikat. Pasukan AS menjadikan pangkalan ini sebagai tempat untuk mengisi amunisi.

Lokasi pangkalan ini berada di wilayah utara Guam. Kini, keberadaannya hanya digunakan untuk pengisian bahan bakar dan stok amunisi. Pangkalan ini sempat menjadi perhatian saat dijadikan lokasi pendaratan darurat pesawat luar angkasa.

Selengkapnya, baca langsung di sini

Pengirim: Patrick

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini