Sukses

Antena Ini Buat Orang Buta Warna Bisa Mendengar 'Warna'

Kemajuan teknologi membuat penderita buta warna dapat 'mendengar' warna yang ia lihat

Citizen6, Jakarta - Neil Harbisson, seorang pria yang berusia 33 tahun ini memiliki kemampuan untuk 'mendengarkan' warna di sekelilingnya. Hal itu bisa terjadi karena ia menggunakan perangkat yang tertanam di dalam tengkorak. Terlahir buta warna, ia telah ditakdirkan untuk hidup dalam warna hitam dan putih.

Sampai akhirnya Neil tidak puas dengan kondisi yang ia alami. Ia pun berusaha meng-hack tubuhnya sendiri dengan memasang antena khusus yang melekat pada bagian dalam kepalanya.

Perangkat tersebut bekerja dengan cara mengkonversi warna yang ada di sekeliling ke dalam bentuk suara. Selanjutnya alat itu akan menerjemahkan warna yang dilihat ke dalam suara yang dibisikkan ke telinga.

Hanya dalam waktu tiga tahun, Harbisson berhasil sepenuhnya menghafal suara. Baik warna tunggal maupun panjang gelombang inframerah dan ultraviolet. 

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini