Sukses

Kota Terkenal di Indonesia dan Kembarannya di Dunia

Gambar: Kota Malang dengan Kota Varazdin Kroasia

Citizen6 Jakarta - Tentu kita sudah sering mendengar berbagai macam julukan unik yang diberikan kepada beberapa kota di Indonesia. Seperti julukan Paris Van Java untuk Kota Bandung dan kawasan Kota Lama Semarang telah dijuluki sebagai Little Netherland. Serta masih banyak lagi kota di Indonesia yang berjuluk "van" yang menyamakannya dengan kota-kota di negara lain.

Di dalam lingkup pemerintahan suatu negara kita mengenal dengan adanya istilah sister city atau kota kembar. Ini tidak lain merupakan konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan juga administrasi politik. Untuk kemudian kedua negara ini saling menjalin atau hubungan di bidang kebudayaan dan kontrak sosial antar penduduk.

Nah, kerja sama ini terjalin karena adanya kesamaan demografi dan juga masalah-masalah yang dihadapi di masing-masing kota baik antarwilayah, provisi hingga negara.

Penasaran? Berikut ini adalah lima kota terkenal di Indonesia yang ternyata memiliki kembaran kota di negara lain:

Kota Malang dengan Kota Varazdin Kroasia

Ada kisah romantis antara Malang dan Varazdin, Kroasia yang mana keduanya baru saja menasbihkan sebagai kota kembar di tahun 2015. Ternyata penetapan kerjasama sebagai sister city antara kedua kota dilatarbelakangi kesamaan, berupa banyaknya peninggalan bangunan bersejarah yang masih terpelihara hingga sekarang.

Selain karena banyak kesamaan, kerjasama yang diwujudkan dalam bentuk kota kembar ini juga mencakup banyak bidang. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan potensi masing-masing kota yang menjalin kerjasama. Kota Varazdin sendiri merupakan sebuah kota seluas 34,22 kilometer persegi di Kroasia bagian utara, berjarak 81 kilometer dari Kota Zagreb.

Berikutnya kota mana lagi? Selengkapnya baca di sini

*Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.