Sukses

Rahasia Baru Turunkan Berat Badan, Makanlah dengan Mata Tertutup

Menurut peneliti dari Jerman, Prof Britta Renner, menurunkan berat badan bisa dengan makan dalam kondisi mata tertutup. Apa alasannya?

Citizen6 Jakarta - Seribu satu cara unik untuk menurunkan berat badan mungkin sudah kamu baca. Bahkan mungkin sudah kamu praktikkan. Mulai dari menurunkan berat badan dengan cara diet, makan di depan cermin, hingga minum air putih sebelum makan.

Kini ada satu lagi menurut peneliti dari University of Konstanz, Jerman, Prof Britta Renner. Ia menyatakan bahwa menurunkan berat badan bisa dengan makan dalam kondisi mata tertutup. Apa alasannya?

Menutup mata membuat seseorang cenderung makan lebih sedikit. Seseorang juga akan bisa kenyang lebih lama karena makan dengan konsentrasi penuh. Makan dalam suasana gelap juga mempengaruhi kemampuan seseorang dalam merasakan makanan. Sehingga, makan tanpa melihat makanannya kemudian dikaitkan dengan keinginan untuk makan berlebih yang lebih kecil.

Dilansir dari Daily Mail, Renner mengatakan penglihatan sebenarnya sangat berpengaruh pada nafsu makan. "Saat melihat makanan, apalagi dalam jumlah besar, orang akan makan lebih banyak makan dibandingkan jika ia tidak melihatnya," ujarnya.

Dalam penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Food Quality and Preferences tersebut, Renner dan rekan-rekannya melibatkan sekitar 90 responden. Mereka diberikan tiga rasa es krim, yakni rasa ceri, karamel, dan vanila. Separuh dari mereka dibiarkan makan dengan mata terbuka, sementara sisanya makan dengan mata tertutup.

Setelah itu, mereka diberikan kuesioner dan diminta menyebutkan bagaimana tingkat kepuasan mereka terhadap rasa ketiga es krim tersebut. Didapatkan hasil bahwa mereka yang makan dengan mata tertutup lebih sedikit merasa puas dengan rasa makanan tersebut, dibandingkan dengan kelompok yang makan dengan mata terbuka.

"Tidak melihat makanan menurunkan tingkat kepuasan seseorang, yang kemudian berpengaruh pada nafsu makannya. Ini berarti makan dengan mata tertutup kemungkinan besar dapat membuat seseorang makan lebih terkontrol dan tidak berlebihan," ungkap Renner.

Manurutmu apakah cukup masuk akal dengan tips diet semacam itu? tidak ada salahnya mencoba bukan? Semoga berhasil.

(war)

* Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di
Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.