Unik, Sekolah Ini Hanya Punya Satu Guru dan Seorang Siswa

Oleh Yulia Lisnawati pada 26 Feb 2016, 17:00 WIB
Diperbarui 23 Mar 2016, 16:03 WIB
Unik, Sekolah Ini Hanya Punya Satu Guru dan Seorang Siswa

Citizen6, Tiongkok - Setiap ruang kelas di sekolah umumnya diisi oleh beberapa siswa. Namun, ada pemandangan yang tak biasa ketika kamu melihat sebuah sekolah di Shiyan, Kabupaten Yunyang, Provinsi Hubei, Tiongkok, ini.

Ya, sekolah ini sangat unik karena hanya memiliki satu siswa dan seorang guru. Dilansir dari CCTV News, Jumat (26/2/2016), Liu Zhaoming, guru satu-satunya yang mengajar di sekolah dasar ini mengatakan, bahwa kebanyakan anak-anak telah meninggalkan kampung halaman mereka bersama orang tuanya untuk hijrah ke kota metropolitan dan menjalani kehidupan yang lebih baik. Namun karena keadaan keluarga, Liu Jiangkang harus tetap melanjutkan pendidikannya di sekolah tersebut.

dok: CCTV/facebook.com

Yang Changping, dekan dari Institut Lembaga Pendidikan dan Peneliti Chu Zhaohui, mengatakan meskipun penduduk desa menyusut, lembaga pendidikan skala kecil masih sangat penting. Oleh karena itu, pemerintah pusat perlu mendukung mereka secara finansial dan membantu dalam penelitian pendidikan.

dok: CCTV/facebook.com

dok: CCTV/facebook.com

Sebelumnya, sekolah ini memiliki lebih dari 300 siswa dan 30 guru. Zhaoming percaya bahwa jika lebih banyak orang yang pindah ke desa kecilnya, maka sekolah akan berkembang lagi. Hingga kini kegiatan belajar mengajar akan tetap berlangsung walaupun hanya memiliki satu siswa.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Tag Terkait