Sukses

5 Gedung Pencakar Langit Paling Ramah Lingkungan

Gedung-gedung pencakar langit ini memiliki struktur dan desain yang ramah lingkungan. Seperti apa?

Citizen6, Jakarta - Industri properti untuk saat ini memang sangatlah menjanjikan, terutama bagi negara-negara yang masih berkembang pembangunan akan terus dilakukan guna meningkatkan taraf hidup serta nilai ekonomi negara.

Namun banyaknya pembangunan berdampak dengan lahan hijau yang terus berkurang. Kita bisa lihat dimana di kota kecil yang awalnya banyak hamparan ladang hijau kini hilang dan tergantikan dengan banyaknya bangunan seperti perumahan dan perhotelan.

Memang pembangunan menyebabkan lingkungan yang hijau menjadi hilang, untuk itu saat ini demi menjaga kelestarian lingkungan, para pelaku industri tengah menerapkan konsep bangunan ramah lingkungan kepada masyarakat. Dengan adanya ramah lingkungan bangunan yang dibangun tidak akan menyebabkan polusi ataupun pencemaran bagi lingkungan.

1. Gedung Bosco Verticale di Italia

Gedung Ramah Lingkungan Bosco Verticale terdiri dari dua gedung yang masing-masing memiliki tinggi 117 meter dan 85 meter. Gedung yang berlokasi di Milan ini dirancang oleh Boeri Studio. Boeri menggambarkan gedung ini sebagai hutan metropolitan yang meregenerasi lingkungan dan mempertahankan keanekaragam hayati di perkotaan.

Dua gedung ini diselimuti oleh tumbuhan yang terdiri dari ratusan pepohonan dan ribuan tanaman. Boeri bermaksud agar gedung ini membantu penyerapan karbondioksida perkotaan serta debu lingkungan di mana di sisi lain juga memproduksi oksigen yang dibutuhkan manusia.

2. Gedung Burj Mohammed Bin Rashid

Gedung ramah lingkungan kedua yakni Burj Mohammed Bin Rashid dirancang oleh Foster and Partners. Gedung dengan tinggi 381 meter ini memenangkan penghargaan sebagai gedung terbaik di Timur Tengah dan Afrika. Menurut sang perancang, gedung tersebut didesain agar tidak perlu perawatan ekstra di lingkungan gurun berdebu. Selain itu, bentuk bangunan dirancang agar dapat mengatur pencahayaan dan suhu di dalam ruangan. 

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.