Sukses

Gaun Kuno Berusia 5.100 Tahun Ditemukan, Peneliti Girang

Sebuah gaun kuno berusia 5.100 tahun ditemukan dan membuat peneliti girang.

Citizen6, Jakarta - Penemuan keramik maupun peralatan rumah tangga berusia ribuan tahun adalah hal yang biasa bagi para arkeolog. Menemukan pakaian kuno, barulah menjadi impian para penemu. Karena sebagian besar pakaian terbuat dari bahan halus seperti kain dan wol, penemuan pakaian kuno sangatlah langka.

Hal inilah yang membuat penemuan gaun Tarkhan menjadi sesuatu yang unik. Menurut tes radio karbon yang dilakukan, gaun Tarkhan berusia antara 5.100 - 5.500 tahun. Itu sekaligus menjadikannya gaun tertua yang pernah ditemukan dalam sejarah.

Gaun ini berasal dari penggalian Tarkhan yang dilakukan di awal 1900-an di Mesir, sekitar 30 mil dari selatan Kairo. Menurut penelitian di Antiquity, gaun dimakamkan di makam itu selama ribuan tahun.

Menurut Mentalfloss, Selasa (23/2/2016), pada saat penggalian Tarkhan pertama kali dilakukan pada tahun 1912-1913, gaun itu diabaikan dan disamakan dengan tumpukan kain.

-

Enam dekade kemudian, tepatnya pada 1977, baru diketahui kalau kain tersebut merupakan gaun milik petinggi Mesir. Meski ditemukan dalam sebuah makam, gaun tersebut awalnya dibuat untuk seseorang yang masih hidup. Demikian dari tanda-tanda yang tinggal di gaun Tarkhan.

"Ini bukan satu-satunya contoh pakaian kuno, tapi menjadi satu-satunya pakaian yang dipotong, dipaskan, dan disesuaikan dengan pemakainya," tulis para peneliti.

"Sejumlah pakaian dengan usia yang sama memang bertahan sampai hari ini, tapi pakaian-pakaian itu cuma dibungkus atau disampirkan ke seluruh tubuh."

"Bisa dibilang gaun Tarkhan merupakan bukti haute couture kuno," tulis peneliti. 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini