Sukses

5 Mumi Hewan yang Membuat Geger Warga

Beberapa mumi hewan berikut ini pernah membuat geger masyarakat yang menemukannya

Citizen6, Jakarta - Dalam beberapa kebudayaan kuno, mumi menjadi salah satu cara masyarakat untuk mengawetkan mayat orang yang meninggal. Namun, tidak semua mayat manusia dimumikan. Hanya mayat para pembesarlah yang dimumikan.

Uniknya, ternyata juga pernah ditemukan beberapa mumi hewan. Penemuan mumi-mumi hewan tersebut membuat geger karena terbilang langka. Apa saja? Ini dia.

1. Mumi anak anjing

Mumi anak anjing ditemukan di sebuah kompleks pemakaman di Mesir oleh seorang arkeolog asal Amerika. Diperkirakan, mumi yang diberi nama Happy Puppy tersebut berusia hingga 2.300 tahun. Penemuan ini terbilang unik karena sangat jarang ada warga Mesir kuno yang memelihara anjing sebagai peliharaan.

2. Mumi buaya

Buaya merupakan hewan yang memiliki kedekatan dengan budaya Mesir. Sungai Nil dihuni oleh banyak buaya. Tak heran, buaya bahkan dianggap dewa bagi masyarakat Mesir kuno. Proses mumifikasi banyak dilakukan untuk hewan yang satu ini. Salah satunya, dapat Anda saksikan di video yang ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mumi anjing

3. Mumi anjing

Seperti halnya Mesir, peradaban Peru kuno terhitung maju dan modern di masanya. Beberapa suku di Amerika Latin ini juga memiliki kedekatan dengan anjing.

Yang membedakan, bila mayat manusia di Mesir dikubur bersama harta kekayaan, maka mayat manusia di Peru dimumi bersama anjing peliharaannya. Hal ini membuat mumi anjing kerap ditemukan tak jauh dari mumi manusia.

4. Mumi mammoth

Hewan prasejarah ini dianggap merupakan nenek moyang gajah. Fisiknya memang mirip dengan gajah, hanya saja berukuran lebih besar dan berbulu lebat untuk melindunginya dari cuaca dingin di zaman prasejarah.

Mumi mammoth ditemukan di lapisan es di Siberia. Es tebal yang melindungi mumi tersebut membuat mammoth terlindungi ribuan tahun lamanya hingga ditemukan oleh para arkeolog.

3 dari 3 halaman

Mumi dinosaurus

5. Mumi dinosaurus

Mumi dinosaurus tentu berbeda dengan fosil yang biasa ditemukan. Dari mumi dinosaurus, ilmuwan dapat mengumpulkan lebih banyak informasi dari masa prasejarah dibanding lewat fosil.

Hingga saat ini, lima mumi dinosaurus telah ditemukan. Salah satu yang terbaik yakni mumi Edmontosaurus yang ditemukan seorang anak laki-laki di peternakan. Mumi ini terbilang lengkap karena masih memiliki kulit yang membungkus tubuh.  (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini