Sukses

Pria Ini Dapat Rp 4 Juta Sebulan dari Kumpulkan Bon Supermarket

Dari hobi mengumpulkan bon supermarket, pria ini dapat meraih 4 juta rupiah sebulan

Citizen6, Jakarta Di beberapa supermarket di luar negeri, Anda dapat mengklaim perbedaan harga antar-supermarket dan meraih keuntungan darinya. Misalnya, Anda belanja di toko A yang mengklaim menjual produk lebih murah dari tempat lain.

Namun kemudian Anda mendapati toko B menjual produk yang sama lebih murah. Anda dapat membawa bon Anda kembali ke toko A dan mengklaim perbedaan harga tersebut. Praktik tersebut disebut wombling dan orang yang melakukannya disebut wombler. Tentunya ada syarat-syarat tertentu dari bon yang ingin Anda klaim.

Stephen Auker (58) dari West Yorkshire bisa mengumpulkan sampai 200 poundsterling atau sekitar 4 juta rupiah sebulan dari kegiatannya mengumpulkan bon supermarket. Stephen cukup duduk-duduk di taman atau dekat supermarket, kemudian mengumpulkan bon yang dibuang oleh orang-orang.

Selanjutnya, Stephen akan membandingkan harga dari beberapa supermarket lalu pergi mengklaim perbedaan harga itu. Stephen yang seorang pensiunan mengaku hobinya butuh banyak kesabaran.

Stephen telah melakukan kegiatan tersebut bertahun-tahun sejak ia tak lagi bekerja. Kini ia bisa mengumpulkan sampai 47 juta rupiah setahun.

Telepraph 

Akan tetapi, Stephen ternyata orang yang cukup dermawan. Ia sering mendonasikan uang yang ia dapat ke Yayasan Wombling dan mendorong wombler lain untuk melakukan hal yang sama.

"Aku tidak pernah menyarankan siapa pun untuk menjadi wombler karena itu sesungguhnya ilegal," ujar Stephen kepada Telegraph.

"Tapi selama Anda memenuhi persyaratan dan ketentuannya, mereka tidak keberatan. Banyak toko yang membolehkan wombling dan itu tidak ilegal."

Stephen kini bahkan telah memiliki saluran YouTube sendiri untuk berbagi pengalamannya. Di sana, ia memberikan tips kepada sesama wombler. Ia juga memiliki laman Facebook di mana wombler dapat berbagi kisah sukses mereka. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.