Sukses

Pria Tunanetra jadi Peselancar Profesional dengan Cara Unik

Pria tunanetra ini menginspirasi banyak orang dengan keterbatasan yang ia miliki

Citizen6, Jakarta Bahkan sebelum Derek Rabelo dilahirkan, ayahnya telah bermimpi kalau anaknya kelak akan menjadi seorang peselancar profesional. Malahan ayah Derek menamai anaknya tersebut seperti Derek Ho, juara selancar dunia dari Hawai pertama.

Sayang, kenyataan berkata lain. Derek dilahirkan buta karena glaukoma yang ia derita. Meski demikian, ayah Derek senantiasa memompa semangat anaknya tersebut. Sejak kecil, Derek telah dikenalkan dengan laut, dengan papan selancar.

Saat Derek berusia 17 tahun, ia memutuskan untuk mewujudkan mimpi ayahnya tersebut. Derek tidak terbebani maupun dipaksa oleh ayahnya. Karena sesungguhnya ia pun sangat ingin bisa berselancar.

"Ayahku selalu mendorong dan membantuku," ujar Derek seperti dikutip dari Bored Panda, Minggu (07/02/2016).

"Kami pergi ke laut bersama-sama di pagi hari. Namun, ia juga mengirim saya ke kursus selancar untuk lebih giat berlatih. Aku banyak berlatih dengan teman-temanku. Mereka selalu menganggapku seperti saudara mereka sendiri."

Boredpanda 

"Bagaimana cara aku mengetahui kapan ombak datang?"

"Aku mendengarkan suara ombak dan merasakannya. Karena saat gelombang datang, ia membuat suara yang berbeda."

"Setiap gelombang membuat suara yang berbeda. Jadi, aku bisa memutuskan ke sisi gelombang mana aku harus berselancar."

Derek mengaku ingin melakukan lebih banyak lagi dan menunjukkan pada orang normal apa yang bisa dilakukan oleh seorang tunanetra seperti dirinya. Derek ingin bepergian mengelilingi dunia untuk berselancar di ombak-ombak terbaik. Ia juga ingin menceritakan kisahnya di sekolah-sekolah.

Boredpanda 

"Jika Anda memiliki mimpi, Anda harus percaya pada diri Anda sendiri. Jika tidak, Anda tak dapat melakukannya."

"Aku percaya, kita semua memiliki indra sempurna yang diberikan Tuhan. Gunakan mereka dengan ketekunan dan semangat."

Kini, impian lain Derek yakni mencoba bermain skateboard dan snowboarding. Bagi Derek, keterbatasannya bukanlah halangan untuk belajar hal-hal baru. Bagaimana dengan Anda? (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di 

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini