Ini Pernyataan Butet Soal Freeport yang Kontroversial

Oleh Yulia Lisnawati pada 26 Jan 2016, 12:44 WIB
Diperbarui 26 Jan 2016, 12:44 WIB
Ini Pernyataan Butet Soal Freeport yang Kontroversial
Perbesar
Butet Kertaradjasa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Citizen6, Jakarta Sebuah video yang menunjukkan pernyataan seniman Tanah Air Butet Kertaradjasa baru-baru ini menjadi perbincangan publik, khususnya para pengguna jejaring sosial. Video yang beredar sejak 17 Januari 2016 di internet ini pun sontak membuat masyarakat kesal dan geram.

Dalam video yang berjudul '#KenalFreeport-Butet Kertaredjasa' ini, Butet mendukung PT Freeport yang sangat peduli dengan alam dan lingkungan. Bahkan ia memuji karena penambangat Freeport sangat bertanggung dengan apa yang telah diambil dari alam dan dikembalikan lagi ke alam. 

"Siklus sebuah produksi yang sangat konsen pada alam dan lingkungan. Dan ada satu tanggung jawab mengembalikan apa yang diambil dari alam untuk dikembalikan lagi ke alam. Dan ini saya kira mode pertambangan yang memperlihatkan keberadaban manusia," pernyataan butet dalam video tersebut.

Video berdurasi 46 detik itu pun langsung di tanggapi beragam komentar publik. Para onliner beranggapan bahwa Butet sangat mendukung perusahaan yang telah merusak alam tersebut. Bahkan mereka tak ragu menyiyir dan mengecam dukungan yang diutarakan Butet.

 

 

 

 

 

 

 

Saking banyaknya perbincangan mengenai video dukungan Butet bagi penambangan Freeport ini, topik tersebut pun kini banyak dibahas onliner. Bahkan, kini seniman tersebut dimasukkan ke daftar hitam budayawan oleh para aktivis.

Nah, bagaimana menurut kamu?

 

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6