Sukses

Keren, Arsitek Ini Ingin Buat Stadion Portabel dari Bambu

Seorang arsitek memiliki rencana untuk memenangkan proyek Archiprix dengan membuat stadion portabel dari bambu.

Citizen6 - Saat ini sebuah bangunan tidak hanya sekedar dibuat sebagai tempat berteduh dari hujan maupun terik matahari, melainkan bertambah fungsi menjadi salah satu karya seni yang patut diperhitungkan.

Memang bukan hal yang aneh jika di setiap negara memiliki bangunan kokoh nan unik dan bersejarah yang menjadi salah satu tempat wisata turis asing. Salah satu bangunan unik satu ini nantinya juga akan menjadi tujuan penduduk lokal maupun luar negeri. Penasaran?

Dilansir Shanghaiist, Kamis (21/1/2016), Shen Chen, seorang arsitek lulusan arsitektur di sebuah universitas di China ini memiliki rencana untuk memenangkan proyek Archiprix dengan membuat stadion portabel yang keseluruhannya dibangun dari bambu.

dok: Shanghaiist.com

Struktur baru akan diresmikan untuk pertama kalinya di De Brettn, zona hijau di Geuzenveld, Amsterdam. Beberapa bagian memang terpisah dan nanti dapat disatukan kembali. Stadion ini juga memiliki tiga komponen utama, diantaranya atap, tribun dan fasilitas di dalam gedung.

Chen berharap stadion bambunya ini akan memberikan kontribusi dalam pengembangan konstruksi ramah lingkungan di dunia arsitektur.

"Selain memberikan nilai berkelanjutan, integrasi bambu ke dalam desain bangunan dapat mengaburkan batas antara alam dan arsitektur," jelas Chen.

Meski batas beban dari bambu dan lainnya masih dalam tahap penelitian, namun Chen kini telah terpilih oleh Archiprix International sebagai pesaing untuk proyek lulusan terbaik secara global.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini