Sukses

20 Januari 2016, 5 Planet dalam Posisi Sejajar, Apa Jadinya?

Pada tanggal tersebut, Anda dapat melihat 5 planet dalam keadaan sejajar dengan mata telanjang.

Citizen6, Jakarta Fenomena langit terkait rotasi planet tidak begitu sering kita rasakan. Namun, jika Anda merupakan penggemar hal-hal berbau astronomi, Anda pasti menyukai informasi berikut.

Bulan ini, Anda dapat melihat 5 planet yang sejajar dengan mata telanjang. Planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan terlihat dalam satu garis lurus ke Bulan. Keselarasan 5 planet tetangga itu dapat Anda lihat pada 20 Januari hingga 20 Februari 2016.

Dr Tanya Hill, kurator senior di Melbourne Planetarium, mengatakan kepada Australian Geographic seperti dikutip dari iflscience, Senin (18/1/2016), bahwa jika Anda tak sempat menyaksikan fenomena langit ini, Anda dapat melihatnya lagi pada Agustus 2016 serta Oktober 2018.

Dr Alan Duffy, peneliti di swinburne University, Melbourne, juga berbicara dengan Australian Geographic dan memberikan beberapa saran tentang cara terbaik untuk melihat fenomena langit unik itu.

Menurut Alan, sejak Merkuri akan muncul sangat dekat dengan cakrawala, amat dianjurkan untuk menemukan tempat terbuka yang bagus, jauh dari gedung-gedung tinggi dan pepohonan.

Anda juga sebaiknya menjauh dari lampu-lampu yang menyilaukan agar cahaya tiap planet tidak tenggelam oleh polusi cahaya. Venus dan Jupiter seharusnya cukup mudah untuk ditemukan dan Mars dapat diketahui dari cahaya merahnya.

Jika Anda dapat menemukan salah satu dari planet-planet tersebut, Anda cukup meluruskan tangan Anda ke arah Bulan sehingga planet-planet itu akan terlihat sejajar di tangan Anda.

"Hanya ada beberapa hal menakjubkan di langit malam yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Fenomena ini layak untuk dilihat," tutup Dr Duffy. (Sul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini