Sukses

5 Letusan Gunung Api Paling Mengerikan di Indonesia

Apa saja gunung api aktif di Indonesia yang memiliki letusan paling mengerikan?

Citizen6, Jakarta Gunung-gunung berapi aktif di Bumi Ibu Pertiwi telah dikenal mancanegara. Hampir semua pulau di Indonesia mempunyai gunung api yang masih aktif sampai sekarang. Beberapa kategori keaktifan gunung api di antaranya sangat berbahaya.

  • Gunung Krakatau

Letusan mengerikan gunung terjadi pada 26-27 Agustus 1883. Letusan mengerikan dari gunung menyebabkan bencana besar di daerah, seperti Banten. Kebanyakan warga meninggal terkena muntahan material batuan panas.

Ilustrasi letusan Gunung Krakatau pada 1883 (Wikipedia)

Gelombang tsunami datang menerpa. Dampak perubahan iklim dunia terjadi beberapa waktu akibat dari erupsi gunung Krakatau. Anak Krakatau lahir setelah meletusnya gunung Krakatau.

  • Gunung Tambora

Catatan sejarah menuliskan letusan gunung yang berada di Sumbawa ini termasuk terdahsyat di dunia. Letusan gunung yang meletus pada tahun 1815 bisa disejajarkan dengan ratusan ribu bom atom yang meledak dalam satu waktu.

Letusan Gunung Tambora (Public Domain)

Letusan Tambora memakan korban jiwa sekitar 71.000 orang. Dampak besar letusan, beberapa negara di belahan bumi bagian utara tidak mengalami musim panas. Nahasnya negara bagian selatan Eropa diserang wabah tipus.

Baca selengkapnya di sini.

(Fhh)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini