Sukses

Kembaran Parasit Ditemukan dalam Perut dengan Rambut dan Gigi

Dokter kaget saat menemukan kembaran parasit dalam perut seorang remaja dengan rambut dan gigi.

Citizen6, Jakarta Seorang remaja di India yang mengeluh sakit perut kronis dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa. Namun alangkah terkejutnya ia saat diberi tahu sakit perutnya itu disebabkan janin kembarannya yang hidup bak parasit di dalam tubuhnya. Dokter yang memeriksa menemukan gumpalan seberat 2,5 kg yang telah memiliki tulang, rambut, dan gigi dalam perut Narendra Kumar, nama remaja tersebut.

Menurut dokter, parasit itu merupakan kembaran Narendra yang gagal memisah. Gumpalan itu telah memakan sari pati Narendra sejak 18 tahun lalu. Bahkan, telah memiliki struktur seperti tali pusat untuk menyuplai darah dari kembarannya. Narendra pun didiagnosis dengan 'fetus in fetu', kondisi langka dengan hanya 200 kasus yang pernah dilaporkan di seluruh dunia.

Menurut dokter Rumah Sakit Swaroop Narayan di negara bagian India utara Uttar Pradesh, Dr Rajeev Singh, pasiennya menderita serangan muntah dan kehilangan berat badan tapi keluarganya tak tahu mengapa. Itu terjadi sebelum perutnya dirontgen sehingga dokter tahu apa yang sebenarnya terjadi.

"Secara teknis, janin masih hidup dan tumbuh karena aktivitas metabolisme dalam tubuhnya," ujar Singh seperti dikutip dari Singaporee.Stomp, Selasa (12/1/2016).

Dr Singh adalah orang pertama yang melakukan penyelidikan medis dengan tepat. Dengan USG dan CT Scan, barulah Singh mendiagnosis penyakit tersebut. Dokter kemudian membedah untuk mengangkat daging seukuran 20 cm yang telah memiliki rambut itu.

"Setelah operasi panjang selama 3 jam, kami mengeluarkan gumpalan daging dengan rambut, gigi, kepala kurang berkembang, struktur tulang dada, dan tulang belakang serta ketuban kuning."

- 

Orang tua Narendra merasa bersyukur dengan keadaan anaknya kini yang telah membaik. Menurutnya, anaknya itu dari dulu memang sering sakit tapi tidak diketahui sebabnya.

"Kembaran jahat itu telah menyiksanya selama bertahun-tahun," tukas Prem Chandra.

"Sekarang setelah diangkat, saya merasa lega. Dia sekarang dapat kembali ke sekolah dan hidup dengan sehat." (Sul)*

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini