Sukses

5 Percobaan Ekstrem Menantang Batas yang Pernah Dilakukan

Beberapa orang ini mencoba menantang batas dan menguji kekuatan mereka dengan melakukan percobaan-percobaan tak masuk akal

Citizen6, Jakarta Kadang-kadang, keinginan untuk menguji kekuatan dan mendobrak batasan mendorong seseorang untuk melakukan hal-hal yang luar biasa. Hal-hal yang tak seorang pun pernah lakukan sebelumnya. Tentunya apa yang telah dilakukan tersebut dapat

1. 17 menit tanpa bernapas

David Blaine, seorang ilusionis mencoba mendobrak batas. Ia berprinsip, "Jika seseorang bisa melakukannya, semua orang bisa." Percobaan yang paling menakjubkan yang pernah ia lakukan adalah menahan napas di bawah air selama 17 menit 4 detik.

Selain itu, di antara percobaan lainnya yakni dibekukan selama 61 jam, bertengger di atas tiang setinggi 90 kaki selama 35 jam, dan menghabiskan 44 hari tergantung dalam sebuah kotak kaca di atas Sungai Thames tanpa makanan.

2. Setahun tanpa internet

- 

Paul Miller adalah seorang jurnalis yang memutuskan untuk mencoba hidup tanpa internet selama setahun. Terdengar mudah memah, namun di zaman sekarang, lebih banyak yang memilih tidak memiliki uang ketimbang hidup tanpa internet.

Ide tersebut tercetus dari keputusan untuk membuat hidupnya lebih baik dan lebih bebas. Dan ternyata ia berhasil. Selama setahun, ia menyelesaikan novel dengan tenang dan fokus.

Setelah beberapa bulan tak terhubung dengan internet, ia menyadari ketiadaan internet bukanlah masalah sebenarnya. Menurut Paul, internet telah menjadi bagian integral dari eksistensi manusia. Tanpa internet, seseorang merasa keluar dari masyarakat dan tak terhubung dengan orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hidup tanpa uang

3. Hidup tanpa uang

Pada usia 53 Heidemarie Schwermer meninggalkan apartemennya dan menyumbangkan sebagian besar barang-barang miliknya. Ia tak membawa apapun kecuali sebuah koper kecil. Sebagai percobaan, ia memutuskan untuk hidup tanpa uang selama setahun. Menurutnya, oranng-orang terlalu fokus pada materi.

Dalam usaha untuk mendapatkan makanan dan tempat berteduh, ia melakukan pekerjaan kecil seperti berkebun atau mencuci jendela. Awalnnya, memang cukup sulit. Tapi kemudian ia menyadari bahwa kebebasan tersebut tidak sia-sia. Heidemarie kini telah hidup bebas tanpa uang selama 18 tahun.

3 dari 4 halaman

Gaya hidup tanpa limbah

4. Gaya hidup tanpa limbah

Perempuan asal Perancis dan tinggal di California, Bea Johnson, memutuskan untuk memulai gaya hidup tanpa limbah. Dengan cara daur ulang, ia juga mencoba meminimalisir sampah yang dihasilkan.

Bea membuat sendiri pembersih jendela dari cka, mengganti deterjen dengan yang ramah lingkungan. Ia bahkan membawa tas kain sendiri saat berbelanja. Meski merepotkan, ia mengaku puas. Ia tidak ingin menambah beban bumi dengan sampah yang dihasilkan.

4 dari 4 halaman

Perjalanan tanpa ujung

5. Perjalanan tanpa ujung

Keterbukaan dan kebebasan adalah hal yang mendasari Colin Wright untuk bepergian ke berbagai tempat. Ia tak pernah menetap terlalu lama. Setelah 4 bulan, ia akan pindah dan mencari tempat baru. Colin menyebut gaya hidupnya "kebebasan paling murni."

Ia memberi banyak saran pada pengunjung blognya yang ingin bepergian. Menurutnya, seseorangg haruslah fleksibel. Jangan panik, bersantai. Ramah dan terbuka serta menghargai pendapat dan budaya orang lain adalah kuncinya. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.