Sukses

4 Negara Paling Dermawan di Dunia

Negara-negara ini tak segan beri jaminan hidup bagi warganya. Negara mana saja?

Citizen6, Jakarta Berawal dari kenyataan sosial yang makin memperlihatkan lebarnya kesenjangan antara si kaya dan si miskin, sejumlah negara di dunia telah berinisiatif mengambil langkah antisipasi. Dengan kekuatan ekonomi yang kuat serta menyandang sebagai negara maju di dunia, beberapa negara maju telah melakukan antisipasi dengan membagikan uang bulanan kepada rakyatnya setiap bulan secara cuma-cuma.

Negara maju tersebut menyebutkan kebijakan membagikan uang bulanan kepada rakyatnya sebagai sistem keamanan sosial yang berarti tiap warga akan menerima sejumlah uang dari pemerintah setiap bulannya. Sebagian kalangan menyebut uang itu adalah 'pendapatan dasar'. Perdebatan dan diskusi soal isu ini sudah berkembang di Eropa sejak 1970-an dan 1980-an dipicu kasus di Amerika Serikat dan Kanada yang sudah lebih dulu membahas soal dana dari pemerintah ini.

Nah, berikut adalah empat negara di dunia ini yang dikatakan sebagai negara paling dermawan di dunia, yang membagikan uang secara cuma-cuma kepada rakyatnya.

1. Belanda

Pemerintah Kota Utrecht di Belanda akan memberikan uang cuma-cuma sebesar Rp 13,4 juta kepada tiap warganya. Dana itu secara merata akan diberikan kepada setiap orang, baik orang itu bekerja atau tidak, seperti dilansir koran the Guardian, Sabtu (26/12). Tujuan pemberian dana tersebut untuk mengentaskan kesenjangan antara si kaya dan si miskin di salah satu kota terbesar di Belanda itu.

"Kami tidak menyebutnya 'pendapatan dasar'. Ini hanya uang yang dibagikan gratis dan orang-orang tinggal duduk manis di rumah sambil menonton televisi," ujar Heleen de Boer, anggota DPRD kota Utrecht. Rencana ini juga akan diterapkan di 19 kota lainnya di Negeri Kincir Angin.

Menurut de Boer, uang itu juga akan sangat membantu bagi mereka yang sudah bekerja. Bagi yang belum bekerja maka uang itu bisa membuat para pengangguran memutuskan menambah penghasilan dengan mencari kerja. Dana ini ditargetkan akan sampai ke tangan mereka yang terpaksa bekerja karena sistem industri tapi tidak betah. Uang ini akan memberi mereka kesempatan mencari waktu untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan mereka.

2. Finlandia

Pemerintah Finlandia berencana memberikan dana pokok senilai Rp 12 juta bagi setiap warganya dan sejumlah tunjangan lain. Jajak pendapat yang digelar oleh Institut Asuransi Sosial Finlandia menyatakan 69 persen rakyat setuju dengan rencana pemerintah itu.

Usulan itu akan membuat setiap warga Finlandia terbebas dari pajak senilai Rp 12 juta tiap bulan. Menurut portal berita Bloomberg, usulan itu akan membuat pemerintah Finlandia kehilangan Rp 786 triliun saban tahun. Menurut data Bank Dunia, negara di utara Eropa itu pada 2013 tercatat memiliki populasi 5,4 juta jiwa.*

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini