Sukses

Ingin Hidup Bahagia di Tahun Baru? Ini Tips-tipsnya

Tahun baru, hari baru. Akankah tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya? Beberapa tips berikut bisa Anda lakukan

Citizen6, Jakarta Tahun baru bukan berarti Anda mesti berleha-leha. Kehidupan terus berjalan. Namun akankah tahun ini dapat menjadi tahun yang lebih baik bagi Anda?

Andrey Kurpatov, seorang psikoterapis, penulis, dan kolumnis, memberikan beberapa aturan kehidupan yang dapat Anda terapkan untuk hidup bahagia di tahun yang baru. Seperti dikutip dari women.ru, Jumat (01/01/2016), berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan jika Anda ingin bahagia di tahun yang baru ini.

1. Terima kenyataan kalau Anda tak bisa mengubah masa lalu.

Yang telah berlalu, biarkan berlalu. Kita hanya bisa mempersiapkan masa depan berdasarkan apa yang kita lakukan sekarang. Jangan berharap masa depan akan selalu menyenangkan. Lakukan yang terbaik, hal-hal yang membuat Anda tersenyum.

2. Lakukan apa yang Anda anggap benar.

Lakukanlah apa yang Anda anggap benar. Jangan terlalu mendengarkan kata-kata orang lain. Tidak semuan yang disampaikan seseorang kepada Anda benar adanya. Jangan lupa mengingatkan diri Anda dari waktu ke waktu. Jangan membabi buta mengejar kesuksesan. Jika Anda hanya melakukan apa yang Anda rasa penting, kesuksesan akan mengejar Anda.

3. Jangan buang waktu dan energi Anda pada orang-orang yang tidak peduli dan tidak mencintai Anda.

Di dunia ini, ada banyak orang yang menyukai Anda dan siap membuat hidup Anda bahagia. Hanya saja, jangan menjadi orang yang tertutup dan selalu cuuriga. Percayalah, bersikap terbuka akan membantu Anda pada akhirnya untuk mendapatkan kebahagiaan yang Anda cari.

4. Jangan alihkan tanggung jawab yang seharusnya Anda emban ke orang lain.

Godaan untuk menyalahkan orang lain memang besar, namun malulah pada diri Anda. Anda seharusnya bertanggung jawab terhadap kesalahan yang Anda lakukan. Percayalah, kekuatan akan datang saat Anda dengan berani mengakui kalau Anda penyebab kegagalan. Anda pula yang akan menciptakan kesuksesan Anda sendiri, bukan orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadilah kuat

5. Jadilah kuat.

Tak ada yang butuh seseorang yang lemah, lelah, menyedihkan, dan tidak bahagia. Bila seseorang berpura-pura menyukai kelemahan Anda, maka ia mencoba membohongi Anda. Jangan menyerah pada keadaan. Tariklah napas, yakinkan diri Anda, dan hadapi semua rintangan yang Anda temui di tahun baru ini. Pada akhirnya, tak ada yang perlu dikhawatirkan dengan hari yang baru.

6. Singkirkan khayalan bahwa Anda dapat mengubah orang lain.

Tanpa sadar, kita semua memiliki delusi naif bahwa kita bisa mengubah siapa pun. Akibatnya, kita menderita karena kita tidak bisa melakukannya. Hanya situasi yang dapat mengubah seseorang, segala yang lain hanyalah tipuan persepsi. Biarkan orang lain untuk menjadi berbeda, menjadi siapa diri mereka. Pada titik tertentu, Anda akan dapat menikmati hal tersebut.

7. Semua tindakan kita ada konsekuensinya.

Faktanya, kita tidak memilih apa yang akan kita lakukan, tapi apa yang akan terjadi sebagai akibat dari tindakan kita. Oleh karena itu, sebelum melakukan sesuatu, pikirkan baik-baik tentang konsekuensinya. Dengan melakukannya, Anda akan terhindar dari hal-hal bodoh dalam hidup Anda.

8. Jangan hidup seperti Anda akan hidup selamanya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita masing-masing akan mati. Anda tentu menyadari hal tersebut. Jangan hidup seperti Anda akan hidup selamanya. Buatlah diri Anda bahagia dalam batas-batas yang diperbolehkan dan tidak mengganggu orang lain. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini