Tips Antisipasi Ombak Pantai yang Kerap Memangsa Korban

Oleh Azwar Anas pada 30 Des 2015, 08:39 WIB
Diperbarui 30 Des 2015, 08:39 WIB
Ini Cara Antisipasi Jenis Ombak Pantai yang Kerap Memangsa Korban
Perbesar
Jenis ombak seperti ini mempunyai kemampuan menyeret sangat kuat, bahkan semisal kalian adalah perenang yang tangguh sekali pun.

Citizen6 Jakarta Beberapa dari kalian mungkin sudah menulis agenda liburan pada tahun baru yang tinggal beberapa hari. Barangkali dari daftar liburan itu salah satunya adalah mengunjungi pantai. Berlibur ke pantai memang menyenangkan, bermain pasir dan riak ombak membuat hati senang. Itu yang membuat sejumlah pantai di Indonesia tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan pada musim liburan.

Akan tetapi, perlu kiranya kita waspada, ternyata di balik keramahan ombak pantai tersembunyi bahaya yang dapat merenggut nyawa manusia. Contohnya, di Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Pada saat liburan seperti ini, pantai itu nyaris tak pernah absen melaporkan ada korban terseret ombak.

Faktornya bisa beraneka ragam, mulai dari keteledoran wisatawan sampai ketidaktahuan akan jenis bahaya yang mengancam. Ternyata ada jenis ombak di pantai yang harus diwaspadai wisatawan. Bukan soal ombak yang besar, melainkan bertemunya dua ombak dari sisi yang berlawanan.

Istilah bertemunya ombak dari sisi kiri dan kanan disebut a rip current. Jenis ombak seperti ini mempunyai kemampuan menyeret sangat kuat, bahkan bila kalian adalah perenang yang tangguh sekalipun. Ciri kasat mata adanya rip current adalah ketika ada ombak yang seperti terputus tengahnya. Bagian yang tidak ada ombak itulah yang biasanya menyimpan arus bawah air yang dapat menyeret benda apa pun ke dalam laut.

Namun lagi-lagi, kalian tidak perlu panik. Ketika kita menyadari sedang terseret rip current cara tepat satu-satunya jangan melawan arus, karena semakin melawan kita akan semakin tenggelam. Cobalah untuk tetap di permukaan lalu berenang perlahan ke samping, entah ke kanan atau ke kiri, baru setelah terbebas dari rip current langkah selanjutnya menuju daratan.

 rip current

 rip current

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar. Area yang ditunjukkan oleh panah berwarna merah adalah rip current. Sementara gambar berikutnya adalah cara bagaimana kita membebaskan diri seandainya terseret ombak semacam itu. So, waspada ya, jangan lupa beri tahu, keluarga atau teman-teman kita yang hendak ke berlibur ke pantai. (War)*

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6