Sukses

Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru yang Ada di Indonesia

Perayaan tahun baru biasanya menjadi peristiwa besar yang dirayakan setiap tahunnya di berbagai negara.

Citizen6, Jakarta Dalam hitungan hari kita akan meninggalkan tahun 2015 ini. Nah dalam menyambut tahun 2015 mendatang, berbagai acara untuk memeriahkan malam tahun baru pun dibuat masyarakat di penjuru dunia.

Perayaan tahun baru biasanya menjadi peristiwa besar yang dirayakan setiap tahunnya di berbagai negara, termasuk Indonesia. Berikut beberapa hal yang biasa dilakukan masyarakat Tanah Air ketika merayakan malam pergantian tahun.

1. Terompet

Tahun baru pasti identik dengan benda yang satu ini. Ya, terompet memang sangat berhubungan erat dengan perayaan malam tahun baru. Biasanya para peniup terompet juga tak mengenal batas usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Memasuki bulan pertengahan bulan Desember, biasanya para pedagang terompet sudah meramaikan jalan-jalan di berbagai wilayah.

2. Kembang Api

Setiap perayaan tahun baru, kembang api memang identik dengan momen pergantian tahun. Hal tersebut memang sudah menjadi tradisi masyarakat di dunia. Bahkan, setiap negara memiliki kembang api khas daerah mereka untuk memeriahkan tahun baru.

3. Begadang

Agar ikut memeriahkan pergantian tahun, kita memang diwajibkan untuk tetap terjaga di tengah malam. Biasanya, tradisi masyarakat Tanah Air untuk menunggu hingga larut yakni dengan membuat acara bakar ayam ataupun jagung.

4. Konvoi

Di Indonesia, konvoi berbagai kendaraan telah menjadi tradisi setiap kali merayakan pergantian tahun. Namun, hal tersebut mungkin tak akan kita lihat di kota-kota besar, karena pada malam tahun baru biasanya kota-kota besar seperti Jakarta memberlakukan sistem car free night.

5. Konser

Tahun baru juga dimeriahkan dengan berbagai konser yang berlangsung di beberapa tempat menarik untuk menghibur masyarakat hingga pergantian tahun tiba. Biasanya konser ini juga diramaikan oleh para musisi Tanah Air.

Nah, bagaiaman dengan kamu. Apa yang biasa kamu lakukan untuk merayakan malam pergantian taun?

 

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini