Sukses

3 Jenis Makanan Ini Mampu Memperkuat Daya Ingat Kita

Baru-baru ini diketahui bahwa ada beberapa jenis makanan yang ternyata dapat membuat daya ingat Kamu tetap kuat hingga tua.

Citizen6, Jakarta Sebuah penelitian mengungkapkan bawa tidur yang cukup, banyak berolahraga, serta melakukan permainan yang mengasah otak dapat membantu menjaga daya ingat hingga usia tua. Karena seiring bertambahnya usia, daya ingat manusia pada umumnya akan mengalami penurunan. Namun, baru-baru ini diketahui bahwa ada beberapa jenis makanan yang ternyata dapat membuat daya ingat Kamu tetap kuat hingga tua. Penasaran? Berikut jenis-jenis makanan tersebut.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang populer di India, rasa rempah-rempah satu ini sedikit pahit dan pedas. Selain populer di India, kunyit juga merupakan rempah-rempah khas yang ada di daratan Asia Tenggara. Hal yang membuat kunyit menjadi makanan yang mampu mempertajam serta menjaga daya ingat kamu, karena kunyit mengandung kurkumin yakni senyawa antioksidan yang dikenal mampu memerangi peradangan yang terjadi dalam tubuh. Penelitian terbaru juga mengungkapkan, bahwa kunyit mampu melindungi memori, terutama ketika kadar gula terlalu tinggi yang mampu memengaruhi daya ingat.

Para peneliti di Taiwan telah menguji, orang-orang yang mengkonsumsi kunyit yang dibentuk menjadi kapsul dengan kandungan kunyit 1 gram, mampu memberikan dampak positif. Setelah diamati, 6 jam setelah orang-orang yang diuji . Mark Wahlqvist, MD, penulis utama dari studi dan kepala pengobatan di Monash University di Melbourne, Australia, mengungkapkan, “Keuntungan mengkonsumsi kunyit adalah mampu meningkatan memori kerja sekitar sepuluh persen.”

Untuk dapat menikmati khasiat kunyit, kamu dapat menambahkan sedikit rempah-rempah ini sekitar 1 gram, atau sekitar 1 ¼ sendok teh ke dalam makananmu, untuk hidupmu yang lebih sehat sekaligus membuat otakmu lebih sehat karena memiliki memori yang baik. Kamu juga bisa menaburkannya pada beras, campurkan sedikit ke dalam orak-arik telur, aduk beberapa ke dalam sop.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sayuran

Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang dimaksud di sini seperti bayam, kangkung dan sawi. Sayuran hijau juga dikenal dengan sebutan "makanan super," karena sayuran hijau diketahui mengandung gizi yang padat, yang berarti akan memberikan lebih banyak nutrisi dibanding makanan lainnya.

Sayuran hijau merupakan makanan yang mengandung komponen penting untuk melindungi otak dari kehilangan memori. Sayuran hijau banyak sekali mengandung vitamin K, lutein, folat dan beta-karoten.

3 dari 3 halaman

Buah Berry

Buah Berry

Buah berry mampu meningkatkan kekuatan otak kamu, penelitian hewan telah menunjukkan buah berry dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, berkat antosianin dan flavonoid yang terkandung dalam buah ini. Sekarang sebuah studi baru yang disponsori oleh National Institute of Mental Health, menyarankan agar orang-orang mengkonsumsi buah ini, karena kandungan di dalamnya juga terbukti ampuh meningkatkan daya ingat pada otak manusia.

Dalam uji coba yang dilakukan terhadap manusia, ketika meminum 15-21 ons jus berry setiap hari selama 12 minggu (Jumlah jus setiap orang jatuh didasarkan pada berat badan mereka). Pada akhir 12 minggu, kemampuan belajar orang yang mengkonsumsi beri mengalami peningkatan secara signifikan. Peneliti Robert Krikorian, PhD, seorang profesor psikiatri di University of Cincinnati College of Medicine, mengatakan minum satu setengah cangkir jus berry selama tiga kali seminggu sangat baik.

Namun ada hal yang perlu diketahui, bahwa tingkat antosianin dalam jus berry cenderung turun jika terlalu lama disimpan dalam lemari es, buah ini harus segera dikonsumsi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(soy/ul)

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.