Sukses

Tiga Cara Ampuh Hilangkan Sepatu Bau Tanpa Dicuci

Sepatu seringkali menimbulkan bau tidak sedap terutama sepatu yang sudah lama tidak dicuci dan sepatu olahraga. Penyebab bau tidak sedap ini

Citizen6 Jakarta Sepatu seringkali menimbulkan bau tidak sedap terutama sepatu yang sudah lama tidak dicuci dan sepatu olahraga. Penyebab bau tidak sedap ini biasanya ditimbulkan oleh keringat yang dikeluarkan kaki kita, meskipun sudah di cuci bau ini kadang tidak hilang sepenuhnya. Bau sepatu ini disebabkan adanya bakteri pada kulit yang memakan keringat dan membuang kotoran yang memiliki bau yang kuat (proses metabolisme mikroba tersebut).

Bakteri ini biasanya berada pada kaos kaki dan sepatu kita. Semakin banyak keringat yang dihasilkan oleh kaki, maka bakteri akan semakin berkembang dikarenakan keringat menjadi penyuplai makanannya. Keringat dan bakteri inilah yang kemudian menjadi sumber utama bau tidak sedap pada sepatu.

Untuk kamu yang memiliki sepatu dengan bau tidak sedap meskipun sudah di cuci, ada beberapa tips sederhana yang dapat kamu coba untuk menghilangkan bau pada sepatu anda.

1. Menghilangkan bau sepatu dengan kopi

Selain untuk diminum kopi sangat lah berguna sebagai penetral bau dan bisa di jadikan alternatif pilihan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Pertama, pastikan bahwa sepatu anda dalam keadaan bersih dan kering sebelum anda memasukkan kopi di dalamnya agar nantinya anda tidak kerepotan membersihkan bubuk kopi, maka bungkuslah bubuk kopi ke dalam kertas tisu, kemudian kertas tisu yang berisi kopi inilah yang anda masukkan ke dalam sepatu. Diamkan semalaman agar bubuk kopi bisa secara maksimal menetralisir bau tak sedap pada sepatu kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

selanjutnya

2.  Menghilangkan bau sepatu dengan koran

Jika anda punya koran bekas di rumah sebaiknya anda mengurungkan niat untuk segera membuangnya. Koran-koran bekas ini bisa menjadi media yang dapat menyerap bau tidak sedap pada sepatu kamu. Caranya, siapkan sepatu dalam keadaan kering. Ambil koran bekas secukupnya (1 atau 2 lembar koran, kira-kira cukup untuk membungkus sepatu). Lalu bungkus sepatu hingga ke mulut/lubang sepatu dengan rapat dan rapi. Terakhir, simpan sepatu yang sudah dibungkus tadi ditempat yang agak dingin selama semalam atau lebih sampai bau pada sepatu tentunya sudah diserap oleh koran pembungkusnya.

3 dari 3 halaman

selanjutnya

3.  Menghilankan bau sepatu dengan baking soda

Selain digunakan untuk bahan campuran dalam pembuatan kue, baking soda juga dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Hal ini dikarenakan  baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap bau yang tidak sedap pada sepatu. Caranya cukup mudah, taburkan baking soda ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalaman. Lalu keesokan hariya bersihkan baking soda dengan cara menggunakan sikat. (war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Pengirim: Hapsari Putri Utami

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.