Moranbong, Girl Band Cantik Bentukan Pemimpin Korea Utara

Oleh Sulung Lahitani pada 11 Des 2015, 11:48 WIB
Diperbarui 11 Des 2015, 11:48 WIB
Moranbong, Girl Band Cantik Bentukan Pemimpin Korea Utara
Perbesar
Siapa bilang Korea Utara tak punya girl band? Moranbong buktinya

Citizen6, Jakarta Siapa bilang Korea Utara tidak mempunyai sense of art? Memang, selama ini tetangga sebelah, Korea Selatan, lebih dikenal dengan musik mereka yang mendunia. K-Pop menjadi salah satu magnet menarik wisatawan datang ke negeri tersebut.

Melihat hal tersebut, sepertinya penguasa Korea Utara, Kim Jong Un, tak mau kalah. Tak tanggung-tanggung, Kim Jong Un langsung turun tangan. Girl Band Moranbong dibentuk pada tahun 2012 sebagai bagian dari rencana pemimpin Korea Utara tersebut untuk menarik mata internasional di bidang sastra dan seni.

Menurut kantor berita Korea Utara KCNA seperti dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (11/12/2015), kebanyakan lagu-lagu yang dinyanyikan girl band tersebut bercerita tentang legitimasi rezim Kim dan bersumpah setia kepada partai komunis di negara tersebut.

Huffingtonpost 

Meski disebut girl band, faktanya tidak semua orang bisa menikmati penampilan sekelompok wanita cantik ini. Penampilan live Moranbong biasanya terbatas ditonton oleh pejabat Korea Utara tingkat tinggi.

Nah, berdasarkan laporan Media Korea Utara, minggu ini Moranbong akan melakukan perjalanan ke Cina untuk melakukan serangkaian tur pertunjukan. Mereka akan bergabung dengan paduan suara militer Korea Utara. Konser tur pertama Moranbong di luar Korea Utara ini nantinya akan tertutup untuk umum.

Para pejabat di kedua negara mengatakan, pertunjukan di Cina akan meningkatkan pertukaran budaya dan saling pengertian antar dua negara. Cina memang merupakan mitra dagang terbesar Korea Utara. Korea Utara memasok barang-barang seperti makanan, senjata, dan lainnya ke negeri tirai bambu tersebut. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6