Sukses

Uniknya Lhok Ghop, Ritual Hindu di Aceh yang Masih Tersisa

Upacara Lhok Ghob telah berlangsung ribuan tahun yang lalu.

Citizen6, Aceh Pidie Jaya menyimpan banyak potensi keindahan alam. Krueng (sungai) Lhok Gop adalah salah satu dari puluhan jumlah tempat wisata lainnya yang tak tergali. Sungai Lhok Gop terletak tepatnya di Gampong (desa) Kumba, Kecamatan Bandar Dua Pidie jaya. Dari sungai ini, air mengalir ke penjuru persawahan masyarakat Bandar Dua dan sekitarnya. .

Selain sebagai tradisi turun-temurun, pergi ke Lhok Gop juga sebuah kesenangan, begitu lah anggapan bagi para pengunjungnya. Selain suasana pemandangan yang begitu indah juga kesejukan alam di padu dengan kicauan burung-burung yg begitu bersahabat di telinga. Gemericik air dari celah batu menjadi irama unik di tengah kesunyian hutan.

Hari itu, Kamis 26 September 2013 adalah hari jatuhnya ritual Lhok Ghop. Prosesi ini dimaksudkan untuk mensyukuri rahmat Tuhan yang telah memberikan sumber air melalui sungai Lhok Ghob. Ritual ini diadakan setahun sekali menjelang musim kemarau melanda Nanggroe.

Petani pasti tidak punya kuasa mendatangkan air untuk padi mereka yang mulai menguning di persawahan, doa adalah satu-satunya harapan ditengah sarana pertanian yang minim perhatian dari pemerintah daerah.

Upacara Lhok Ghob telah berlangsung ribuan tahun yang lalu. Tidak seorang pun mengetahui persis kapan ritual itu pertama dilakukan. Besar dugaan, tradisi tersebut adalah peninggalan masa kerajaan Hindu di Aceh. Setelah agama Islam memenangkan hati masyarakat, segala ritual digantikan dengan ajaran Islam.

Ini terlihat dari masih ada masyarakat yang membuang tanduk kerbau ke sungai. Asimilasi budaya ini ditemukan hampir di setiap upacara adat orang Aceh.

Selengkapnya

Penulis:

M. Nur Karma

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini