Sukses

Tuang Logam Panas ke Balok Es, Ini yang Terjadi

Percobaan unik ini membuktikan tak selamanya es mencair terkena sesuatu yang panas

Citizen6, Jakarta Banyak yang beranggapan bahwa ilmu pengetahuan alam adalah salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Rumus-rumus yang njelimet, nama-nama kimia yang sulit, membuat ilmu pengetahuan alam menjadi momok. Padahal, banyak pengetahuan yang didapat dengan mempelajari ilmu pengetahuan alam. Mungkin, bila dibarengi dengan praktek, ilmu pengetahuan alam tidak lagi dianggap sulit.

Di Youtube misalnya, banyak terdapat video-video yang melakukan percobaan-percobaan untuk menjelaskan fenomena-fenomena alam. Misalnya saja, pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi bila logam panas cair dituang ke balok es?

Seorang pria mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Ia mengambil logam cair panas yang telah dipersiapkan untuk dituangkan ke es balok. Perlu diingatkan, pria tersebut tentunya telah melengkapi dirinya dengan perangkat pengaman.

Saat ia menuang logam cair panas ke balok es, bukannya meleleh, balok es tersebut malah meledak ke berbagai penjuru. Beberapa logam cair panas tersebut juga menciprat ke mana-mana.

Sang pria yang melakukan percobaan tersebut bahkan tangannya mengalami luka bakar meski telah memakai sarung tangan. Meski percobaan tersebut tampak menarik, sayangnya pria tersebut tak menerangkan bagaimana proses tersebut bisa terjadi. Bila Anda ingin menonton prosesnya, videonya dapat ditonton di sini. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini