Sukses

Canggih, Toilet Umum Ini Dilengkapi Fasilitas Bintang Tiga

Sebuah toilet umum dengan teknologi canggih baru-baru ini dibuka di Distrik Fangshan yang ditujukan bagi masyarakat umum.

Citizen6, China Kotor, jorok, dan bau tak sedap merupakan gambaran yang cocok untuk menunjukkan kondisi toilet umum di Indonesia. Keadaan tersebut tak hanya terjadi di Tanah Air. Toilet di beberapa negara seperti India pun lebih tak layak pakai.

Namun, kondisi tersebut tak akan Anda lihat di toilet umum di Beijing, China. Dilansir Shanghaiist pada Senin (23/11/2015), sebuah toilet umum dengan teknologi canggih baru-baru ini dibuka di Distrik Fangshan yang ditujukan bagi masyarakat umum.

Shanghaiist.com

Toilet yang diberi nama 'ruang 5' ini tak hanya bersih dan beraroma wangi, tapi juga dilengkapi dengan WiFi, mesin penjual camilan dan minuman, ATM, TV layar datar, pengisian energi mobil listrik dan daur ulang sampah plastik dan kertas.

Shanghaiist.com

Seorang pejabat dari Sanitasi Lingkungan Beijing Engineering Group mengatakan bahwa toilet umum ini akan menjadi 'ruang kelima' di samping ruang keluarga, ruang kerja, ruang rekreasi dan ruang cyber.

Shanghaiist.com

Toilet ini baru akan diluncurkan dalam waktu dekat di Fangshan, Tongzhou, Shunyi dan Pingu. Kota di China lainnya juga membutuhkan toilet serupa, seperti di Guiyang, Haikou, Kunming, dan Zhangjiakou.

Shanghaiist.com

Li Jinzao, pemimpin China National Tourist Administrasi menjelaskan bahwa akan ada 'toilet revolusi' di seluruh China. Ia juga berjanji bahwa pada 2017 semua toilet di China akan membanggakan dengan 'rating bintang tiga' dengan kualitas yang memadai, higienis, bebas biaya dan dikelola secara efektif.

(Ul)*

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini