Sukses

Ternyata, Ini Alasan Keyboard Gunakan Qwerty

Awalnya, keyboard yang ada pada mesin tik memang menggunakan huruf berurutan alphabet, ABCDE yang diciptakan oleh Christoper Latham Sholes.

Citizen6, Jakarta Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa susunan huruf di keyboard tersusun secarak acak? Kenapa tidak ABCDE seperti alfabet yang biasa kita hafal? Sering sekali pertanyaan ini muncul, apalagi bagi mereka yang baru melihat susunan keyboard tentu merasa aneh. Susunan ini tak hanya di keyboard komputer, semua susunan keyboard seperti di gadget, mesin tik, dan telegram pun menggunakan susunan acak.

Susunan acak pada keyboard biasa disebut dengan qwerty. Kata qwerty ini diambil dari enam huruf pertama paling atas sebelah kiri pada keyboard.

Awalnya, keyboard yang ada pada mesin tik memang menggunakan huruf berurutan alphabet, ABCDE yang diciptakan oleh Christoper Latham Sholes pada 1968. Jika Anda tahu mesin tik, benda tersebut mengeluarkan huruf dengan tangkai pencetak huruf yang ada di depan tangkainya. Namun ada sebuah permasalahan yang terjadi karena huruf-huruf pada mesin tik berdekatan. Ini membuat saat mengetik, tangkai-tangkai pada mesin tik sering 'bertabrakan'. Selengkapnya bisa Anda baca di sini.

(Ul)*

 

Pengirim:

Prabowo Ramadan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.