Sukses

Simak, 9 Pekerjaan Paling Favorit yang Dilakukan Mahasiswa

Kewajiban seorang mahasiswa memanglah belajar. Namun tak jarang dari mahasiswa yang mencari part time demi menambah uang saku.

Citizen6, Jakarta Kewajiban seorang mahasiswa memanglah belajar. Namun tak jarang dari mahasiswa yang mencari part time demi menambah uang saku. Selain itu part time juga berguna untuk menambah pengalaman dan berlatih sebelum memasuki dunia kerja. Berikut pekerjaan-pekerjaan yang umumnya dilakukan mahasiswa untuk mengisi kekosongan kuliah.

1. Penjaga warnet

penjagawa warnet

Penjaga warnet umumnya dilakukan mahasiswa. Keuntungan menjaga warnet selain mendapatkan tambahan uang saku, juga bisa menggunakan akses internet tak terbatas. Ya, internetan adalah salah satu kegiatan paling disukai mahasiswa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

2. Jasa pengetikan

Jasa pengetikan

Biasanya di daerah sekitar kampus, terdapat banyak rental pengetikan. Jasa-jasa semacam ini biasanya ditawarkan kepada mahasiswa tingkat akhir untuk mengetik tugas akhir.

3 dari 9 halaman

3. Buka kantin kejujuran

Kantin kejujuran

Membuka kantin kejujuran adalah alternatif paling menjanjikan untuk mahasiswa yang super sibuk. Mengelola kantin kejujuran tidak memaksa sesorang untuk menunggui barang dagangan.

4 dari 9 halaman

4. Ikut EO

event organizer

Mejadi crew di event organizer juga menjadi favorit mahasiswa. Di ajang ini, kreativitas mahasiswa akan diuji. Selain itu, kegiatan eo juga terkesan anak muda sekali.

5 dari 9 halaman

5. Bisnis mahasiswa

bisnis mahasiswa

Bisnis ini bisa berupa apa saja, makanan ataupun fashion. Biasanya dilakoni mahasiswa untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di kampusnya.

6 dari 9 halaman

6. Menulis

menulis

Di era yang serba internet begini, menulis menjadi kegemaran tersendiri bagi mahasiswa. Biasanya bagi yang suka menulis, mereka akan menulis di media berupa esai, artikel, dan karya sastra.

7 dari 9 halaman

7. Guru privat

guru privat

Menjadi guru privat merupakan salah satu pilihan pekerjaan yang banyak diminati mahasiswa. Biasanya karena sesuai dengan bidang kuliahnya, waktu yang dibutuhkan untuk mengajar pun juga tidak banyak.

8 dari 9 halaman

8. Guide wisata

guide wisata

Kampus yang kebetulan berada di kota-kota yang mempunyai tujuan wisata terkenal pasti akan dikunjungi banyak wisatawan asing mapun domestik. Nah di sinilah, mahasiswa yang biasanya dari jurusan bahasa Asing mengasah kemampuannya untuk menjadi guide.

9 dari 9 halaman

9. Jualan pulsa

agen pulsa

Walau menjadi penjual pulsa beresiko sangat dihutangi, tetapi binis ini banyak diminati mahasiswa. Dengan memanfaatkan jaringan pertemanan yang luas, penjual pulsa menjadi bisnis paling mudah dlakoni mahasiswa. (War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.