Seberapa Penting Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak?

Oleh Liputan6 pada 06 Nov 2015, 11:15 WIB
Diperbarui 06 Nov 2015, 11:15 WIB
Pentingnya Peran Ayah pada Pengasuhan dalam Keluarga
Perbesar
Sosok Ayah mempunyai peranan penting dalam perkembangan anak sejak lahir hingga dewasa.

Citizen6, Jakarta Sosok Ayah mempunyai peranan penting dalam perkembangan anak sejak lahir hingga dewasa. Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Kristen Finello, disebutkan bahwa berbagai riset yang telah dilakukan mengerucut pada satu kesimpulan yang sama, yaitu:

Anak-anak dengan ayah yang lebih terlibat dalam pengasuhan menunjukkan kelebihan dalam aspek sosial dan akademis, jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak dekat dengan ayahnya.

Dalam artikel tersebut diungkapkan juga penelitian-penelitian yang telah dilakukan di beberapa Universitas di seluruh dunia. Di antaranya penelitian di University of Illinois. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan ayah yang meluangkan waktu untuk menanyakan tentang apa yang mereka pelajari di sekolah, menanyakan aktivitas mereka sehari-hari, dan menanyakan hubungan sosial mereka dengan lingkungannya menunjukkan prestasi belajar yang lebih baik di sekolah dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki hubungan tersebut dengan ayahnya.

Dari hasil studi terhadap 17.000 anak sekolah di Inggris, para peneliti dari University of Oxford, Inggris, juga menyimpulkan hal yang sama mengenai keterlibatan paternalistik dengan kesuksesan akademis.

Eirine Flouri salah seorang psikolog yang melakukan riset tersebut mengatakan “Ayah yang terlibat dalam pengasuhan adalah ayah yang biasa membacakan buku untuk anaknya, mengajak anaknya main di luar, memperhatikan pendidikan anaknya, dan mengambil porsi yang sama dengan ibu dalam mengasuh anaknya.” Anak dengan tipe ayah yang seperti ini umumnya memperoleh nilai yang lebih bagus dalam pelajaran di sekolah.

Secara umum, ayah merupakan tulang punggung keluarga. Seringkali waktunya banyak teralokasikan hanya untuk mencari nafkah. Di antara kesibukannya yang luar biasa, bagaimanakah cara menyiasati agar ayah tetap berperan dalam pengasuhan anak? Jangan sampai karena kesibukan, anak-anak tumbuh tanpa ayah. Ayah hadir secara fisik, namun tak pernah menyapa secara psikis. Seberapa penting peran ayah dalam pengasuhan anak?

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebuah komunitas bernama Kampung Keluarga menghadirkan Ibu Elly Risman, Psi sebagai narasumber dalam sebuah seminar yang bertajuk Peran Ayah dalam Pengasuhan. Seminar yang akan berlangsung pada hari Sabtu, 21 November 2015 di daerah Kuningan ini akan memberikan informasi dan inspirasi pada para orangtua, khususnya para ayah ataupun calon ayah tentang bagaimana perannya dalam mengasuh anak-anak.

Pengirim:

Oleh: Kampung Keluarga

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya