Sukses

Pangeran Diponegoro Ternyata Pernah Belajar hingga Negeri China

Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China. Mungkin demikianlah yang dilakukan Pangeran Diponegoro.

Citizen6, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan Pangeran Diponegoro? Meski bergelar bangsawan, putra sulung Sultan Hamengku Buwono III ini tak ragu maju ke medan perang saat Belanda menjajah Indonesia. Bahkan ajang peperangan yang dikenal dengan nama Perang Diponegoro itu tercatat sebagai perang dengan korban paling besar dalam sejarah Indonesia.

Nah, siapa sangka pangeran yang gagah berani tersebut pernah menuntut ilmu hingga ke negeri China? Hal ini terungkap belum lama ini di gelaran Museum Art 2015 di Museum Ranggawarsita, Semarang, Jawa Tengah. Museum tersebut memajang sejumlah benda pusaka peninggalan pangeran tersebut. Salah satu di antaranya adalah jubah besar putihnya yang melegenda.

Sebagaimana diketahui, Pangeran Diponegoro identik dengan jubah putihnya. Selain tentu saja tongkat serta penutup kepala yang ia pakai ke mana pun. Nah, menurut salah seorang pemandu di museum tersebut, ternyata jubah tersebut merupakan pemberian bangsawan China. Menurutnya, jubah besar berbahan santung tersebut merupakan hadiah saat sang pangeran belajar di Tiongkok.

Akan tetapi, jubah yang dipajang di museum tersebut nyatanya hanyalah replika. Jubah yang asli masih tersimpan di Museum Diponegoro di Magelang. (Sul)*

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini