Sukses

Canggih, Ini Bandara Pertama yang Pakai Tenaga Surya

Cochin Airport, India, menjadi yang pertama di dunia yang menggunakan tenaga surya untuk memenuhi pasokan listriknya secara penuh.

Citizen6, Jakarta Cochin Airport, India, menjadi yang pertama di dunia yang menggunakan tenaga surya untuk memenuhi pasokan listriknya secara penuh. Bahkan produksi power plant tenaga surya tersebut membuat pasokan listriknya surplus. Tenaga listrik yang dihasilkan oleh panel surya yang dipasang mampu melebihi kebutuhan listrik Cochin Airport, India.

Sebagai bandara keempat dengan jumlah penumpang terbanyak di India, Cochin Airport memasang lebih dari 46.000 panel surya di sebidang tanah dengan ukuran sekitar 45 are yang berdekatan dengan lokasi kargo bandara.

Para insinyur yang merancang panel surya tersebut mengatakan bahwa ada sekitar 50.000 hingga 60.000 unit listrik yang disuplai setiap hari dengan kekuatan 12 mega watt. Sedangkan konsumsi listrik Cochin Airport hanya sekitar 48.000 unit per-harinya.

Cochin Airport mengukuhkan sebagai bandara pertama yang menggunakan tenaga surya untuk kebutuhan operasionalnya secara penuh. Pemerintah India berharap langkah Cochin Airport memasang panel tenaga surya sebagai sumber utama listriknya ini bisa diikuti oleh bandara-bandara lainnya di India.

Selengkapnya

 

Selengkapnya baca di sini


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.