Harta Karun Ditemukan dalam Makam Prajurit Tak Dikenal

Oleh Sulung Lahitani pada 27 Okt 2015, 14:00 WIB
Diperbarui 27 Okt 2015, 14:00 WIB
Harta Karun Ditemukan dalam Makam Prajurit Tak Dikenal
Perbesar
Sejumlah barang-barang berharga serta perhiasan ditemukan tertimbun dalam makam seorang prajurit tak dikenal

Citizen6, Jakarta Arkeologis Amerika Serikat di Yunani berhasil temukan kerangka seorang prajurit kuno yang terpendam selama lebih dari 3.500 tahun bersama harta karun berharga, demikian yang diumumkan Kementerian Kebudayaan Yunani Senin lalu. Harta tersebut ditengarai merupakan penemuan paling penting yang ditemukan dalam 65 tahun.

Peti kayu prajurit tak bernama tersebut ditemukan di situs Istana era Mycenaean dari Nestor di Peloponnese, Semenanjung Yunani. Ia dikuburkan dengan berbagai perhiasan emas murni, termasuk kalung dengan hiasan mutiara, cincin emas, pedang perunggu dengan gagang dari gading dan berlapis emas, vas perak, serta sisir dari gading.

- 

Seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (27/10/2015), perhiasan tersebut dihiasi gaya Minoans--yakni tokoh-tokoh dewa, hewan, dan motif floral--peradaban yang berkembang di pulau Kreta dari tahun 2000 SM. Para arkeolog, Jack L. Davis dan Sharon R. Stocker dari Universitas Cincinnati, telah mengidentifikasi lebih dari 1.400 buah barang berharga.

Makam tersebut memiliki panjang 2,4 meter dan lebar 1,5 meter. Penggalian dimulai bulan Mei lalu di dekat Pylos, situs Istana Nestor. Reruntuhan istana itu sendiri ditemukan pada tahun 1939. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6