Sukses

Tiga Waktu Paling Tepat untuk Minum Air Putih

Ada tiga waktu paling efektif untuk minum air putih yang bisa memberikan dampak positif untuk tubuh.

Citizen6, Jakarta Sekitar 80 persen dari tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu jika tubuh kekurangan air, maka bisa terjadi berbagai macam masalah yang mengganggu kesehatan tubuh. Kekurangan air juga bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi. Maka dari itu setiap orang disarankan untuk selalu memenuhi asupan air setiap harinya. Paling tidak kita harus minum delapan gelas air per hari. Namun ternyata, ada tiga waktu paling efektif untuk minum air putih yang bisa memberikan dampak positif untuk tubuh.

Bangun Tidur di Pagi Hari

Kebiasaan setelah bangun tidur yang dilakukan oleh kebanyakan orang mungkin adalah pergi ke kamar mandi, cuci muka, lalu kumur-kumur atau gosok gigi. Akan tetapi ternyata sebelum Anda melakukan semua itu, cobalah untuk terlebih dahulu minum air putih dulu. Kalau perlu sediakan air putih di meja dekat tempat tidur. Faktanya minum air putih di pagi hari ternyata bisa membantu membuang racun-racun di dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

Sebelum dan Sesudah Olahraga

Waktu yang tepat lainnya untuk minum air putih adalah sebelum dan setelah berolahraga. Pastikan Anda selalu membawa bekal air putih saat berolahraga. Pasalnya ketika olahraga, tubuh membutuhkan air dan nutrisi yang berfungsi untuk menggerakkan otot. Selain itu minum air putih sebelum dan sesudah beraktivitas olahraga juga berguna untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. Pasalnya, saat berolahraga tubuh pasti akan berkeringat, dan cairan tersebut perlu diganti.

Saat Kelelahan

Selain setelah berolahraga, minum air putih juga penting saat kondisi tubuh Anda sedang kelelahan. Baik karena aktivitas fisik atau karena aktivitas pikiran. Kekurangan cairan bisa membuat tubuh tidak bertenaga. Oleh karena itu, sebaiknya perbanyak konsumsi air putih saat Anda sedang lelah. Dengan minum air putih, fungsi otak akan meningkat dan tubuh pun menjadi lebih bersemangat.

Itu dia tiga waktu yang paling tepat untuk minum air putih. Tapi sebenarnya minum air putih boleh dilakukan kapanpun, asal tidak berlebihan.

Pengirim:

M Sufyan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.