Sukses

Perempuan Molek Ini Ternyata Boneka Kayu yang Tampak Hidup

Siapa sangka, perempuan yang tengah duduk ini adalah boneka kayu yang dibuat sangat detail hingga tampak hidup

Citizen6, Jakarta Perkembangan zaman membuat penciptaan replika manusia yang tampak nyata bukan lagi hal yang mustahil. 3D modeling, percetakan, hingga virtual reality dapat digunakan untuk membuat replika manusia yang tampak nyata. Akan tetapi, Jepang nyatanya memiliki seniman yang bisa mewujudkan hal tersebut dari kayu.

 

Goyo Hirota adalah seniman Jepang yang digelari Harta Hidup Negara. Gelar yang tak main-main, karena kemampuannya membuat boneka kayu yang detail dan tampak seperti manusia hidup. Meski ia telah meninggal pada tahun 1981, akan tetapi karyanya masih dikagumi dan tetap menakjubkan.

 

Dilansir dari Rocketnews, Jumat (09/10), Goyo Hirata awalnya memiliki nama Tsuneo Hirata. Ia lahir pada tahun 1903 dan mulai belajar pembuatan boneka pada usia 14 tahun di bawah bimbingan ayahnya. Pada usia 24 tahun, ia mengambil nama ayahnya, Goyo. Beberapa dekade kemudian, pada usia 55 tahun Goyo digelari Harta Hidup Nasional karena kemampuannya membuat boneka yang tampak hidup.

 

Beberapa kreasi Goyo dapat ditemukan di seluruh dunia sebagai bentuk persahabatan antara Jepang dengan negara lain. Di Jepang sendiri, Anda dapat menemukan boneka-boneka Goyo di Museum Boneka Yokohama.

 

Boneka Goyo memang tidak semuanya terbuat dari kayu, seperti rambut dan pakaiannya. Tapi Goyo terkenal sangat detail sehingga kerutan kulit pada bonekanya terlihat asli. Meski kini pembuatan boneka yang tampak nyata telah tergantikan oleh teknologi, tapi Goyo dapat disebut sebagai orang pertama yang berhasil membuatnya dari boneka kayu. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini