Sukses

Hari Batik Nasional dan Riuhnya Ciapan Publik Tentangnya

Selamat Hari Batik Nasional menjadi topik yang paling banyak dibicarakan hari ini

Citizen6, Jakarta Tanggal 2 Oktober menjadi salah satu hari kebanggaan bagi rakyat Indonesia. UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Sejak mendapat pengakuan internasional tersebut, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah, pegawai BUMN, pelajar, dan siapapun disarankan untuk mengenakan batik pada tiap tanggal 2 Oktober.

Tak hanya mengenakan batik, rasa bangga rakyat Indonesia terhadap batik pun tertuang dari cuitan yang memenuhi Twitter. Dari pantauan Citizen6, Jumat (02/10), Selamat Hari Batik Nasional menduduki posisi puncak sebagai topik yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Beberapa orang bahkan dengan bangga memamerkan karyawan di kantor mereka yang semuanya memakai batik

Tak hanya rakyat biasa, kalangan selebritis dan publik figur juga menyampaikan kebanggaan mereka memakai batik hari ini. MelodyJKT48, misalnya. Tampak anggun memakai dress batik berwarna biru sambil mengungkapkan harapannya terhadap batik Indonesia.

Batik nyatanya telah go international dengan banyaknya publik figur luar negeri yang memakai batik. Almarhum Nelson Mandela misalnya diketahui pernah memakai batik. Batik juga dipakai girl band SNSD dari Korea yang tampak anggun dalam bentuk dress.

Sayangnya meski batik telah menjadi identitas bangsa, batik Indonesia sendiri tengah terancam oleh batik cap asal Tiongkok. Batik Tiongkok bisa dikategorikan sebagai batik cap, tetapi produksinya menggunakan mesin atau disebut batik mekanik.

Kehadiran batik Tiongkok mengancam batik cap lokal asli Indonesia. Hal ini dikarenakan harga jual mereka yang relatif lebih murah. Bahkan diketahui batik Tiongkok telah merangsek pasar hingga 30 persen.

Karenanya, di hari Batik Nasional ini, banggalah memakai batik, belilah batik asli hasil pengrajin Indonesia. (sul)

Foto by: kutukutubuku.com

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.