Sukses

Foto Berwarna Tertua di Dunia Ini Tangkap Potret Gadis Misterius

Nasib gadis dalam foto tersebut tidak diketahui hingga kini.

Citizen6, Jakarta Sepertinya tak ada yang salah dengan foto yang satu ini. Seorang gadis tampak bersimpuh di atas tanah berselimut kerikil. Pakaiannya yang berwarna merah, tampak kontras dengan suasana foto yang suram. Namun tahukah Anda, foto tersebut dianggap sebagai foto berwarna tertua di dunia yang masih ada hingga kini.

Menurut kabar yang beredar, yang menjadi objek foto merupakan anak Mervyn sendiri, Christina. Foto tersebut diambil pada tahun 1913 di Dorset, Inggris oleh seorang fotografer asal Inggris, Mervyn O'Gorman.

Mervyn memotret anaknya dengan proses autochrome, yakni sebuah proses untuk memproduksi foto warna pada masa tersebut. Teknik yang populer digunakan sebelum ditemukan film warna pada tahun 1930-an.

Teknik autochrome sendiri ditemukan pertama kali oleh Louis Lumiere dan Auguste asal Prancis. Meski bukan teknik yang paling pertama memproduksi foto warna, teknik autochrome dianggap terobosan karena hasil foto yang dihasilkan sangat tajam untuk ukuran masa tersebut.

Kini foto karya Mervyn ditampilkan di pameran Science Museum di Inggris. Foto tersebut dipajang bersama 200 foto lainnya yang menjadi koleksi museum.

Mervyn kini telah tiada. Pria yang sebenarnya merupakan teknisi listrik itu wafat pada tahun 1958. Sedang nasib Christina yang menjadi objek fotonya, tak diketahui. Hingga kini. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini