Sukses

Ini Bukti Indonesia Pernah Menjadi Macan Dunia

Beberapa bukti berikut menunjukkan dulunya Indonesia mencengkram dunia dengan kekuatannya

Citizen6, Jakarta Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah yang sangat luas dan juga terdiri dari pulau-pulau besar yang berjejer dari sabang hingga merauke. Ternyata negara kita ini pernah menjadi macam dunia dan bukti bahwa Indonesia dulu menjadi macan dunia telah tertulis dalam sejarah Indonesia. Apa sajakah bukti-bukti yang menyatakan bahwa Indonesia dulu pernah menjadi macan dunia?

 

Masihkah kita macan Asia? Indonesia pernah mendapatkan masa kejayaannya hingga menjadi macan dunia dan disegani oleh semua negara. berikut adalah bukti-bukti yang menyebutkan bahwa Indonesia dulu pernah menyandang sebagai macan dunia:

1. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerjaan besar yang memiliki kekuasaan yang sangat luas yaitu Kalimantan, Jawa, Sumatera, Malaysia, Thailand, dan Kamboja. Menurut catatan sejarah kerajaan ini telah berdiri sekitar 387 tahun dan pada abad ke-9 melakukan banyak kolonisasi di kerajaan-kerajaan besar Asia Tenggara yaitu kerajaan-kerajaan besar yang terdapat di Jawa, Sumatera, Thailand, Semenanjung Malaysia, Vietnam, Kamboja, dan Filipina.

2. Kerajaan Majapahit

Bukti otentik Indonesia pernah jadi macan dunia lainnya yaitu kerajaan Majapahit. Kerajaan terbesar yang menandingi Sriwijaya adalah kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan paling disegani di Asia dan juga Eropa, kerajaan ini memiliki waktu berkuasa paling lama. Kerajaan Majapahit pernah mengalami masa kejayaan saat diperintah oleh Hayam Wuruk dan dibantu oleh Gajah Mada.

Wilayah kekuasaan Majapahit sangat luas yaitu hampir seluruh wilayah Asia Tenggara dan juga Asia Timur. Bukan hanya ditakuti saja, ternyata kerajaan Majapahit sudah memiliki pemikiran yang sangat cerdas yaitu mereka telah menerapkan system pajak untuk kelangsungan perang, biaya pendidikan, dan juga untuk biaya lainnya sehingga kerajaan ini sangat di takuti oleh dunia.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini