Sukses

Tips Booking Hotel Ketika Liburan Bersama Anak-anak

Ketika traveling, memang yang namanya pemesanan atau booking hotel itu bukan hal yang susah.

Citizen6 Ketika traveling, memang yang namanya pemesanan atau booking hotel itu bukan hal yang susah. Namun itu hanya berlaku jika kalian pergi traveling atau liburan seorang sendiri. Semua itu tentunya akan berbeda lagi jika kalian liburan bareng anak kecil atau bahkan balita.

Apalagi ketika traveling sendirian kalian bisa menginap di hotel tanpa banyak pertimbangan khusus. Itu akan menjadi berbeda jika traveling bersama anak-anak. Meskipun nantinya akan banyak pertimbangan yang muncul dan harus dipikirkan jika traveling bersama anak anak, bukan berarti liburan bersama anak-anak itu nggak menyenangkan dong?

Paling enggak, sebelum reservasi atau booking hotel, berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan demi kenyamanan traveling bersama anak-anak, seperti dikutip blog keren ini.

Pastikan Usia Anak Sesuai dengan Peraturan Hotel, dan Biasanya Tiap Hotel Memiliki Peraturan yang Berbeda

Memang, tiap hotel itu memiliki peraturan sendiri. Mulai dari tata cara menginap, hingga kebijakan sendiri untuk tamu yang masih anak-anak. Pada beberapa hotel mungkin akan mengizinkan anak-anak pada usia tertentu untuk menginap gratis selama menggunakan tempat tidur yang telah tersedia di kamar orang tuanya.

Bahkan, jika beruntung, atau hotelnya memang hotel yang bagus. Hotel juga akan menyediakan ranjang tidur bayi secara gratis. Pun umumnya, anak-anak yang diizinkan menginap secara gratis di hotel adalah yang berusia di bawah lima tahun.

Mungkin beberapa hotel akan mengijinkan anak kecil menginap secara gratis. Namun, pada kasus terburuk ada beberapa hotel yang menerapkan peraturan tidak menerima tamu anak-anak (di bawah usia 12 tahun). Ada beberapa hotel di Bali yang menerapkan aturan itu. Untuk itu, sebaiknya kalian wajib melakukan pengecekan dengan teliti mengenai kebijakan tentang anak-anak di hotel tempat kalian akan menginap. Jangan sampai bermasalah setelah sampai di hotel nanti.

Pilih Tipe Kamar yang Mana? Connecting atau Adjoining?

Tiap tipe kamar seperti kamar connecting dan adjoining punya kelebihan masing-masing. Kamar hotel bertipe connecting ini merupakan dua kamar yang lokasinya bersebelahan dan memiliki akses masuk antar kamar tanpa perlu keluar kamar terlebih dahulu. Pilihlah kamar ini jika kalian menginap bersama anak-anak yang masih butuh banyak pengawasan.

Sementara itu kamar hotel bertipe adjoining adalah dua kamar hotel yang lokasinya bersebelahan, namun tanpa tambahan pintu penghubung di dalamnya. Kamar jenis ini cocok untuk keluarga atau kalian yang menginap bersama anak yang sudah remaja dan bisa mandiri.

Kamar Hotel dengan Bathub Jauh lebih Menyenangkan

Kamar mandi dengan bathtub menjadi pilihan yang tepat bagi kalian yang traveling bersama anak-anak. Dibandingkan dengan kamar mandi shower, kamar mandi dengan bathub akan lebih mudah memandikan anak kecil. Kalau dengan shower, mungkin kalian bisa basah dan bahkan terpaksa mandi sekaligus. Bathtub ini akan memudahkan ketika memandikan anak-anak. Selain itu, bathtub akan lebih menyenangkan bagi anak-anak karena biasnya suka berendam di air.

Kosongkan Minibar untuk Asi

Untuk yang membawa bayi, keberadaan minibar ini akan sangat berguna. Karena minibar ini bisa dijadikan tempat untuk menyimpan persediaan ASI, makanan bayi dan keperluan bayi yang lain. Tentunya ketika check-in di hotel, jangan lupa katakan pada pihak hotel untuk mengosongkan minibar. Sehingga bisa kalian gunakan nanti. Atau, jika memang minibar tak bisa dikosongkan, coba meminta kepada pihak hotel apakah mereka bisa menyediakan lemari es tambahan.

Hotel dengan Kolam Renang Anak Harus Dipertimbangkan

Anak kecil selalu suka ketika bermain di kolam. Karena itu kolam renang anak adalah wahana bermain yang menyenangkan, namun sayangnya tidak semua hotel menyediakan fasilitas ini. Karena biasanya hanya ada kolam renang untuk orang dewasa saja. Memang kalian bisa saja membawa anak-anak ke kolam renang dewasa, namun pastikan dahulu bahwa kolam renang tadi layak dan aman untuk anak-anak.

Pengirim:

Rijal Fahmi

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini