Sukses

7 Suara Tertua di Dunia yang Terekam dalam Sejarah

Dibanding suara misterius yang belakangan terdengar, 7 suara berikut terekam dalam sejarah sebagai yang tertua

Citizen6, Jakarta Suara tertua di dunia yang terekam telah menjadi satu catatan sejarah dunia dan menjadi awal mula berkembangnya teknologi di bidang suara. Tetapi penemuan suara tertua ternyata menimbulkan misteri dan pertanyaan tentang asal usulnya. Lalu penemuan suara aneh apa saja yang sudah berhasil terekam?

 

Berikut beberapa penemuan suara aneh yang berhasil direkam di berbagi tempat di penjuru dunia

1. Rekaman Suara Slow Down

Suara yang berhasil terekam oleh U.S National Ocenanic and Atmospheric Administration pada tanggal 19 Mei 1997 berlokasi di samudra pasifik. Siapa dan apa yang mengeluarkan suara tersebut saat ini masih menjadi misteri. Nama Slow Down berasal dari volume suara yang terus mengecil dan kemudian menghilang dengan durasi 7 menit. Suara tersebut berhasil terekam dengan hydrophone mandiri dan suara tersebut masih terus terdengar sejak tahun 1997.

2. Suara Quacker

Suara aneh di dunia terekam di samudra artik dan diberi nama Quacker. Nama Quacker berasal dari suara yang dihasilkan mirip seperti suara bebek. Beberapa kali kapal selam Rusia terus memburu asal muasal suara tersebut, tetapi hasilnya nihil. Anehnya suara tersebut bergerak dengan kecepatan 200 km/jam. Banyak dugaan beredar mulai dari makhluk luar angkasa, dinosaurus, atau monster laut. Suara aneh tersebut masih terdengar hingga tahun 1974. Tidak hanya terdengar suara aneh, awak kapal yang melintasi zona artik juga sempat melihat penampakan obyek terbang dengan kecepatan tinggi, diduga benda tersebut adalah UFO.

3. EVP (Electronic Voice Phenomena)

Suara aneh yang berhasil direkam adalah EVP atau gelombang yang dibarengi dengan suara lengkingan. Banyak dibelahan dunia telah berhasil merekam suara berbahasa mandiri yang disebut dengan auditory pareidolla. Diinformasikan bahwa suara tersebut mewakili dari sebuah obyek dan intensitasnya banyak terdengar di beberapa tempat berbatu. Setiap EVP yang terekam ternyata berbeda-beda dan dikatakan sebagai bisikan setan.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya cerita menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.