Foto-foto Masa Muda 7 Presiden Kita, Penasaran?

Oleh Yulia Lisnawati pada 13 Sep 2015, 08:04 WIB
Diperbarui 13 Sep 2015, 08:04 WIB
Potret Masa Muda Tujuh Presiden Indonesia
Perbesar
Tentunya berbagai hal mengenai ketujuh sosok Presiden Indonesia selalu menarik untuk dikulik

Citizen6, Jakarta Banyak hal yang sudah terjadi di Tanah Air dengan usianya yang mencapai 70 tahun, salah satunya dengan pergantian presiden yang sudah terjadi berulang kali.

Indonesia memang telah berganti pemimpinnya selama tujuh kali, termasuk yang saat ini menjabat. Tentunya berbagai hal mengenai ketujuh sosok ini selalu menarik untuk dikulik, seperti potret masa muda sebelum mereka menjadi pemimpin negara Republik Indonesia (RI). Berikut tujuh potret presiden Indonesia ketika masih muda.  

Joko Widodo

Joko Widodo (Jokowi), Presiden ketujuh Republik Indonesia

Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961. Presiden yang menjabat sejak 20 Oktober 2014 ini berasal dari keluarga yang cukup sederhana. Akan tetapi dengan kerja keras, membuat pria ini bisa sukses.

Karir politik Jokowi berawal ketika ia menjadi Wali Kota Solo sejak 28 Juli 2005 sampai 1 Oktober 2012 silam. Dari walikota solo, jokowi beranjak ke Jakarta dan terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014.

2 dari 7 halaman

Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden keenam Republik Indonesia

Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY merupakan Presiden RI keenam. Berbeda dengan presiden sebelumnya, ia menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat dalam proses Pemilu Presiden putaran II 20 September 2004.

Setelah runtuhnya orde baru dan dimulainya reformasi Indonesia, SBY merupakan presiden Indonesia yang mampu menyelesaikan masa jabatannya selama lima tahun mulai dari 20 Oktober 2004 sampai 20 oktober 2014, bahkan ia terpilih kembali untuk kedua kalinya.

3 dari 7 halaman

Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri, Presiden kelima Republik Indonesia

Perempuan kelahiran Yogyakarta, 23 Januari 1947 ini memiliki nama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri atau dikenal dengan Megawati Soekarnoputri. Melewati perjuangan politik yang cukup panjang, akhirnya ia terpilih menjadi presiden wanita pertama di Indonesia periode 23 Juli 2001 - 20 Oktober 2004 dengan meneruskan masa jabatan Presiden Abdulrrahman Wahid.

 

4 dari 7 halaman

Dr. Abdulrrahman Wahid

Dr. Abdulrrahman Wahid

Abdulrrahman Wahid (Gus Dur), Presiden keempat Republik Indonesia

Selanjutnya Presiden keempat Indonesia, Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur ini menjabat dari tahun 1999 hingga 2001. Pria kelahiran Jombang, 7 September 1940 ini merupakan seorang tokoh muslim indonesia dan pemimpin politik.

Pada masa pemerintahannya, ia sangat kontroversial. Pasalnya, salah satu keputusan yang mengejutkan semua pihak adalah diberlakukannya Imlek sebagai hari libur nasional.

5 dari 7 halaman

B.J Habibie

B.J Habibie

BJ Habibie, Presiden ketiga Republik Indonesia

Baharudin Jusuf Habibi atau dikenal dengan BJ Habibie merupakan presiden ketiga Indonesia yang paling singkat masa jabatannya. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini hanya menjabat selama satu tahun lima bulan, namun ia mampu menunjukkan bukti nyata usaha - usahanya dalam memperbaiki peninggalan Soeharto walaupun dengan keadaan Tanah Air yang sedang kocar-kacir.

6 dari 7 halaman

Soeharto

Soeharto

Soeharto, Presiden kedua Republik Indonesia

Presiden kedua Indonesia ini mengawali kariernya sebagai pemimpin militer pada masa pendudukan Jepang dan Belanda. Presiden yang menjabat dari tahun 1968 sampai 1998 ini juga dikenal tokoh dunia sebagai "The Smilling General" atau "Sang Jenderal yang Tersenyum."

7 dari 7 halaman

Ir. Soekarno

Ir. Soekarno

Ir Soeharto, Presiden pertama Republik Indonesia

Presiden pertama Indonesia ini memiliki nama lahir Koesno Sosrodihardjo atau dikenal dengan Soekarno. Pria kelahiran Surabaya, 6 Juni 1901 ini menjabat sebagai presiden dari tahun 1945 sampai 1966.

Ciri khas penampilan soekarno ketika menjabat sebagai presiden Indonesia pun selalu menjadi sorotan. Pasalnya, ia selalu mengenakan baju militer dan tongkat komando yang selalu dibawanya kemana mana. Ternyata ada 3 macam tongkat komando yang dibawanya pada saat saat tertentu.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya cerita menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Lanjutkan Membaca ↓