Sukses

Beginilah Kondisi Jakarta Jika Kejatuhan Bom Atom

Bom Atom merupakan senjata nuklir yang mempunyai daya pemusnah dahsyat dan mampu memusnahkan sebuah kota.

Citizen6, Jakarta Bom Atom merupakan senjata nuklir yang mempunyai daya pemusnah dahsyat dan mampu memusnahkan sebuah kota. Sebut saja Kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang yang pernah porak poranda akibat di bom dengan kekuatan 15 kiloton TNT oleh Amerika Serikat. Bom atom yang dijuluki Little Boy tersebut langsung menyebabkan kedua kota tersebut rata dengan tanah.

Tragedi ini menewaskan sekitar 140 ribu orang dengan skala kehancurannya yang sangat dasyat. Tentunya akan sangat sulit membayangkan bagaimana kondisi yang terjadi di Hirosima dan Nagasaki saat itu. Lantas bagaimana jika bom Little Boy itu dijatuhkan di sebuah kota dunia hari ini? Misalnya di Kota Jakarta sebagai pusat pemerintahan Indonesia. Bagaimana tingkat kehancuran yang bisa diakibatkan Little Boy di Ibukota?

Alex Wellerstein, sejarawan nuklir dari Stevens Institute of Technology yang menggagas aplikasi untuk mengukur tingkat kehancuran akibat little boy. Aplikasi ini bisa diakses melalui situs yang bernama Nuclearsecrecy.com. Pengguna bisa memasukkan lokasi suatu wilayah yang menjadi target bom atom. Nantinya sistem akan memberikan gambaran tentang seberapa besar skala kehancuran yang akan ditimbulkan di wilayah tersebut. Selengkapnya bisa Anda baca di sini.

Pengirim:

Wiwik Setiawati

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.