Sukses

6 Narapidana Dunia yang Sukses Melarikan Diri dari Penjara

Kisah ini memang bukan untuk ditiru namun tetap menarik untuk disimak.

Citizen6, Jakarta Tak ada seorang pun yang ingin menghabiskan masa hidupnya di penjara. Penjara, tempat yang identik dengan kekerasan dan kengerian ini biasanya dipakai untuk menghukum para penjahat, dari kriminal kelas teri sampai paus. Cerita yang selama ini beredar sungguh mengerikan. Karena itu, tak sedikit para penjahat yang tak betah dan berusaha melarikan diri.

Hanya para penjahat yang penuh keberanian dan jenius yang bisa menyiasati bagaimana caranya meloloskan diri dari tempat yang dijaga terus-menerus selama 24 jam ini. Kisah ini memang bukan untuk ditiru namun tetap menarik untuk disimak. Berikut 10 Penjahat kelas kakap yang berhasil meloloskan diri dari penjara:

1. John Dillinger

Dillinger adalah seorang penjahat yang sangat ganas di Amerika. Setelah tertangkap, laki-laki ini dikurung di sebuah penjara di Lake County yang dianggap mustahil untuk bisa melarikan diri dari tempat ini. Penjara ini terkenal dengan pengamanannya yang super ketat. Namun, Dillinger memang punya nyali dan jenius.

Dia berhasil membuat pistol palsu dari sabun dan kemudian melarikan diri mengendarai mobil sheriff. Namun, ketika ia mencoba untuk menyeberangi batas negara, ia tertangkap FBI yang menyebabkan kematiannya.

2. Frank Morris

Kisah ini memang bukan untuk ditiru namun tetap menarik untuk di simak.

Nama lengkapnya Frank Lee Morris . Laki-laki yang lahir pada 1 September 1926 ini adalah penjahat yang menghebohkan dunia karena berhasil meloloskan diri dari penjara Alcatraz pada tahun 1962. Dia bersama dua narapidana lainnya menggunakan alat seadanya melarikan diri melalui dinding ventilasi. Lalu, dengan menumpang rakit buatan sendiri, mereka berusaha menuju San Francisco Bay. 

Setelah itu Morris tak pernah kelihatan lagi. Diduga mereka telah meninggal. Kisah hidup Morris sungguh kelam melebihi fiksi. Laki-laki ini telah yatim piatu pada usia 11 tahun. Masa bocahnya ia habiskan di penjara, melayani para narapidana. Kejahatan pertamanya dilakukan pada usia 13 tahun. Setelah itu, "karier"nya sebagai penjahat makin berkibar. Morris lalu tersangkut kejahatan atas kepemilikan narkoba dan perampokan bersenjata.

3. The Boyd Gang


Kisah ini memang bukan untuk ditiru namun tetap menarik untuk di simak.

The Boyd Gang adalah sekelompok perampok bank. Mereka berhasil melarikan diri dari penjara di Toronto, Kanada tidak hanya sekali, tapi dua kali. Untuk bisa meloloskan diri dari penjara, mereka menggunakan bilah gergaji besi yang disembunyikan oleh pemimpin geng. Kelompok ini sangat sensasional, selain melakukan kejahatan dengan merampok bank, perkelahian bersenjata dan perempuan cantik.

4. Dieter Dengler


Kisah ini memang bukan untuk ditiru namun tetap menarik untuk di simak.

Berbeda dengan kasus kriminal sebelumnya, Dengler dipenjarakan di kamp penjara hutan selama Perang Vietnam. Dia dan enam tahanan perang lainnya melarikan diri dengan membunuh tiga penjaga. Laki-laki ini menjadi terkenal sebagai satu-satunya tentara Amerika yang berhasil melarikan diri dari kamp penjara selama Perang Vietnam.

5. Lucien Rivard

Kisah ini memang bukan untuk ditiru namun tetap menarik untuk di simak.

Rivard ditahan di sebuah penjara di Quebec, Kanada. Dia berhasil melarikan diri bersama tahanan lain dengan menggunakan selang taman untuk memanjat dinding. Mereka mendapatkan selang taman dengan mudah karena mereka ditugasi mengisi sebuah area di penjara.

Laki-laki ini lahir pada 16 Juni 1914 dan meninggal pada 3 Februari 2002. Ia menjadi bahan berita di media massa saat melarikan diri pada tahun 1965. Rivard terlibat dalam perampokan dan penyelundupan narkoba sejak tahun 1940-an.  Awalnya, ia digambarkan sebagai "penjahat kecil". Namun, setelah pindah ke Kuba pada tahun 1950, ia mulai terlibat dalam bisnis heroin.

Pada tahun 1965, Rivard melarikan diri. Selama 4 bulan masa pelariannya dia menulis surat ke banyak orang, termasuk kepada Perdana Menteri Kanada saat itu, Lester B. Pearson  dan mengatakan, "Hidup ini singkat, dan saya tak ingin berada di penjara selama sisa hidup saya".

6. Frank Abagnale

Kisah ini memang bukan untuk ditiru namun tetap menarik untuk di simak.

Sebenarnya Abagnale adalah seorang penipu. Saat di penjara, ia bekerja sama dengan temannya untuk meyakinkan penjaga bahwa ia sebenarnya seorang inspektur yang menyamar. Dibantu temannya ia berhasil membuat kartu dan izin yang meyakinkan sehingga para penjaga membiarkannya melenggang bebas keluar penjara.

Lahir 27 April 1948, ia juga piawai memalsukan cek dan identitas. Ia populer pada tahun 1960 karena berhasil memalsukan cek senilai 2.5 juta US dolar di 26 negara selama lima tahun. kejahatan pertamanya ia mulai pada usia 16 tahun.


*Ingin berbagi informasi dari dan untuk Anda di Citizen6? Caranya baca di sini

**Ingin mendapatkan ponsel gratis ikuti #LebaranNarsis di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini